BOGOR – Upaya Yamaha untuk mendorong pencapain Carbon Neutral dalam rantai bisnis perusahaan, salah satunya kini ditunjukan dengan telah dimulainya program market test untuk kendaraan listrik atau Electric Vehicle (EV), yaitu E01.

Baca Juga: Gubernur Sulsel Turut Semarakkan Gebyar Olahraga Tradisional Pemprov

Program yang bertajuk Proof of Concept tersebut, merupakan bagian dari implementasi visi jangka panjang perusahaan atau Yamaha’s Long Term Vision 2050 yang mengacu pada 3 poin, yaitu 1. Advancing Robotics ; 2. Re-thinking Solution ; dan 3. Transforming Mobility ; atau yang dikenal dengan istilah ART for Human Possibilities.

Berfokus pada poin Transforming Mobility, melalui market test E01 ini Yamaha tidak hanya menunjukan komitmen kuatnya dalam mengembangkan line up EV untuk mewujudkan transformasi mobilitas yang lebih baik di masa depan. Namun, juga untuk mendapatkan masukan dari konsumen sebagai dasar dalam menghadirkan kendaraan EV yang lebih sesuai untuk menjawab kebutuhan mobilitas masyarakat Indonesia di masa yang akan datang.

Minoru Morimoto, President Director & CEO PT Yamaha Indonesia Motor Mfg, Minoru Morimoto menyampaikan bahwa tema Carbon Neutral menjadi tema besar bagi Yamaha karena untuk mencapai hal tersebut, EV menjadi solusi tepat.

“Bagi Yamaha, Carbon Neutral merupakan tema besar. Untuk mencapai Carbon Neutral, EV tidak hanya menjadi salah satu cara, namun merupakan salah satu solusi yang paling tepat saat ini. Itulah mengapa Yamaha telah bekerja mengembangkan EV selama hampir 30 tahun, dengan mendorong diri untuk mencari sumber tenaga alternatif,” jelasnya.

Lanjutnya, akan dilakukan test ride denga E01 yang akan mengawali proyek ini dan akan dilakukan penilaian dari sejumlah aspek.

“Hari ini, kita memiliki E01 untuk dilakukan test ride, yang mengawali proyek Proof of Concept untuk pasar Indonesia. Kami akan melihat sejauh mana motor konsep ini dapat diterima, dan apakah motor konsep ini sudah cukup baik dengan berbagai keunikannya dalam menjawab kebutuhan mobilitas masyarakat Indonesia,” ungkapnya.