JAKARTA – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin enggan menanggapi suara publik yang menagih pertanggungjawaban pihaknya dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) terkait kasus gagal ginjal akut.

Baca Juga: Gubernur Sulsel Ikut Jadi Penumpang KA Andalan Celebes

Budi menganggap yang terpenting saat ini adalah upaya penyelamatan balita. Sebagai informasi, kasus gagal ginjal akut di Indonesia sampai Rabu (26/10), telah membuat 157 anak meninggal dunia.

“Kalau saya ngeliatnya lebih penting menyelamatkan bayi-bayinya, dari kematian. Lebih baik tenaganya kita pakai untuk bisa menjaga bayi kita terjaga,” kata Budi dilansir dari CNNIndonesia.com.

Tidak hanya itu, Budi juga enggan berkomentar lebih jauh soal adanya potensi kelalaian dalam kasus ini.

“Kalau kita lihat ini sih, kita serahkan saja kepada teman-teman di bidang hukum,” ujarnya.

Lanjut Budi, ia sampaikan bahwa nyawa lebih penting maka perlu konsentrasi agar tidak lebih banyak bayi yang meninggal.

“Tapi kalau saya, saya ngerasa, yuk kita konsentrasinya beresin ini supaya tidak lebih banyak lagi bayi-bayi kita yang meninggal. Nyawa lebih penting,” imbuhnya.

Puluhan buruh sebelumnya berunjuk rasa di depan Kantor Kementerian Kesehatan di Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (28/10). Mereka mulai menyampaikan orasi sejak pukul 10.30 WIB.

Mereka menyuarakan lima tuntutan. Pertama, buruh meminta pemerintah mengusut tuntas kasus meninggalnya 157 pasien anak akibat gangguan ginjal akut progresif atipikal (GGAPA) di Indonesia.

Kedua, mereka juga mendesak Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengundurkan diri.

Perwakilan Serikat Pekerja Nasional (SNP), Buya mengatakan, pihaknya meminta ketegasan pemerintah untuk memberhentikan Menteri Kesehatan dan Kepala BPOM.

“Kami meminta ketegasan pemerintah, hari ini juga memecat secara tidak hormat Menteri Kesehatan dan Kepala BPOM,” katanya.