Muna – Desa Mabholu Kecamatan Lohia Kabupaten Muna, Provinsi Sulawesi Tenggara bisa menikmati air bersih melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan yang dilaksanakan PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Sulawesi setelah menanti sekian lama.

Guna mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan pada sektor lingkungan hidup yaitu menjamin ketersediaan serta pengelolaan air bersih dan sanitasi yang berkelanjutan bagi semua.

Akhir tahun 2022, PLN UIP Sulawesi melalui PLN UPP Sultra menggandeng Komunitas Wuna Kreatif dalam menyalurkan Bantuan Air Bersih kepada 25 KK yang ada di Desa Mabholu.

Bachrun Labuta selaku Wakil Bupati Muna pada kunjungannya di Desa Mabholu berterima kasih kepada PLN atas bantuan air bersih yang diberikan kepada masyarakat.

“Saya mewakili Pemerintah Daerah mengucapkan terima kasih kepada PLN atas bantuannya, kami harap kedepannya pelayanan kelistrikan di Pulau Muna bisa lebih baik lagi,” tuturnya.

Sementara itu, Laode Hataludin salah satu penerima bantuan mengatakan selama ini di Desa mereka memang kekurangan akan pasokan air bersih.

“Selama ini desa kami kekurangan air bersih, dulunya pada setiap musim kering masyarakat sampai rela mengeluarkan uang hingga jutaan rupiah hanya untuk membeli air tangki, drum maupun jerigen,” ujarnya.

Ia menambahkan keluhan masyarakat Desa Mabholu terkait kekurangan air akhirnya bisa terjawab dengan adanya bantuan dari PLN.

“Kami berterima kasih kepada PLN atas bantuan air bersih yang diberikan berupa pemasangan air gratis. Tentunya masyarakat sangat terbantu karena selain menikmati air bersih, bantuan ini juga mengurangi pengeluaran masyarakat untuk membeli air,” lanjutnya.

Diketahui masyarakat penerima bantuan air bersih adalah masyarakat yang ada di sekitar pembangunan jaringan transmisi SUTT 150 kV Raha – Baubau yang saat ini sedang berjalan.