JAKARTA – Pemerintah tidak akan ikut campur urusan PSSI terkait pelaksanaan Kongres Luar Biasa (KLB). Hal itu dibeberkan oleh Menpora, Zainudin Amali.

Baca Juga: Rekruitmen PPPK Provinsi Sulsel Segera Dibuka

Pada Jumat (28/10) malam, PSSI menggelar Exco Emergency Meeting yang dihadiri oleh 12 Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI.

Salah satu poin rapat itu adalah memutuskan mempercepat KLB PSSI setelah memperhatikan surat yang dikirim Persis Solo dan Persebaya Surabaya. Desakan KLB dari Persis dan Persebaya itu muncul sebagai imbas Tragedi Kanjuruhan.

Terkait rencana PSSI mempercepat KLB, Menpora Amali memastikan pemerintah tidak akan ikut campur.

“Sudah diputuskan, pemerintah tidak akan ikut campur,” kata Menpora dilansir dari CNNIndonesia.com.

Menurut Amali, mempercepat KLB adalah kewenangan PSSI. Karena itu Menpora hanya mempersilakan KLB dijalankan dan menunggu hasilnya.

“Kita tunggu saja, apapun hasilnya,” kata Amali.

Sebelumnya Menpora Amali juga menyatakan Pemerintah Indonesia tidak akan turun tangan soal desakan transformasi sepak bola Indonesia berdasarkan rekomendasi Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF).

PSSI juga bersikeras pemerintah tidak bisa mendesak digelarnya KLB PSSI. Menurut Ahmad Riyadh yang merupakan juru bicara PSSI dalam kasus Tragedi Kanjuruhan, KLB hanya bisa digelar sesuai permintaan anggota mereka.