Makassar – Yayasan Hadji Kalla (YHK) telah menggelar serangkaian program khitanan massal gratis selama 2022. Sebanyak 512 anak mengikuti hajatan ini dengan rentan waktu pelaksanaan Maret-Oktober 2022.

Terdapat pula program menarik yang diberikan kepada anak-anak, yakni pemberian bibit pohon gratis untuk memperkuat kepedulian mereka terhadap lingkungan sejak dini.

Khitanan massal YHK digelar selama tiga kali pelkaksanaan. Pada Maret 2022 di NIPAH PArk, Juli 2022 di Masjid Raya Bukit Baruga dan Oktober 2022 di Masjid Al Markaz Al Islami.

Sama seperti tahun-tahun sebelumya, program ini bekerja sama dengan Cranial Sehat Indonesia sebagai implementor yang beranggotakan dokter dan perawat profesional berpengalaman.

Manager Bidang Kemanusiaan, Lingkungan & Kesehatan YHK, Sapril Akhmady menjelaskan, program khitanan massal ini menyasar anak-anak dari kalangan duafa.

“Program khitanan ini menyasar warga yang tidak mampu. Kita tahu sendiri bahwa banyak warga dari kalangan menengah ke bawah masih dalam kesulitan untuk kembali bangkit setelah terpaan pandemi. Kita berharap dengan adanya sunatan massal untuk duafa ini bisa meringankan beban biaya mereka,” jelasnya.

Sapril juga menjelaskan, khitanan massal kali ini pun berbeda dari pelaksanaan sebelumnya karena adanya pembagian bibit pohon salam dan sirsak kepada para anak-anak. Dalam prgram ini, YHK berkolaborasi bersama Balai Pembenihan Tanaman Hutan.

“Pesan pertama yang mau kita sampaikan adalah tentang siklus hidup yang sekarang sudah terlupakan. Di mana, dulu kita ada tradisi setiap ada perayaan terhadap sesuatu, maka akan ditandai dengan menanam pohon. Proses khitanan ini adalah salah satu dari bagian siklus hidup anak-anak yang harus dirayakan dengan menanam pohon. Hal ini yang mau kita ajarkan ke anak-anak kita agar bisa lebih menghargai lingkungan sejak dini,” imbuh Sapril.