JAKARTA – Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) tercatat kembali dalam urutan Muslim paling berpengaruh di Dunia 2023.

Baca Juga: Prabowo Terima Surat BPK Buntut Temuan Soal Anggaran Komcad

Menurur situs The Royal Islamic Strategic Studies Centre (RISSC) seperti yang dikutip dari CNNIndonesia.com, Jokowi berada di urutan ke-13 dalam The Muslim 500 2023. Namanya tepat di atas Sheikh Dr Ahmad Muhammad Al-Tayyeb selaku Imam Besar Masjid Al-Azhar.

Selain Jokowi, terdapat dua tokoh Muslim Indonesia yang turut masuk dalam daftar tersebut ialah Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya yang berada di urutan ke-19.

Gus Yahya berada di bawah Sultan Sokoto Amirul Mu’minin Sheikh As-Sultan Muhammadu Sa’adu Abubakar III.

Dalam daftar tersebut, kiai asal Indonesia sekaligus pejabat anggota Dewan Pertimbangan Presiden Republik Indonesia Habib Luthfi bin Yahya juga duduk di urutan ke-30.

Posisi Habib Luthfi berada di atas pemimpin gerakan perlawanan rakyat Yaman Houthi Ansarullah, Sheikh Abdul-Malik Al-Houthi.

Ini merupakan kesembilan kalinya bagi Jokowi masuk dalam daftar Muslim paling berpengaruh di dunia.

Jokowi diketahui telah masuk dalam 50 daftar besar tokoh Muslim tersebut sejak 2014. Ia pernah menempati posisi ke-11 pada 2014 dan 2015, yang merupakan posisi tertingginya dalam daftar itu.

Tak hanya Jokowi, Gus Yahya juga pernah masuk dalam daftar tokoh Muslim berpengaruh di dunia pada 2022 dan 2021. Hal yang sama juga dialami Habib Luthfi bin Yahya yang pernah berada dalam daftar tokoh Muslim berpengaruh sejak tiga tahun terakhir.