MAKASSAR – Guna lebih mendorong profesionalitas dan kualitas wartawan di Kota Makassar dan sekitarnya, PT Vale Indonesia Tbk (PTVI) memfasilitasi penyelenggaraan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang dilaksanakan oleh Bisnis Indonesia Learning Center (BILEC) sebagai lembaga uji tersertifikasi Dewan Pers.

Baca Juga: Gubernur Sulsel Resmikan Mess Andalan Malino

Pada UKW tersebut, memfasilitasi sebanyak 22 wartawan dari sejumlah media massa berbagai platform yakni siber, cetak dan radio yang selama ini menjalankan aktivitas jurnalistik di Makassar dan sekitarnya.

 

Dengan mengangkat tema ‘Towards Sustainable Journalism’, pelaksanaan UKW yang turut melibatkan Pewarta Ekonomi Makassar (PENA) sebagai mitra penyelenggara itu, diharapkan mampu menjadi titik momentum penguatan ekosistem insan pers yang profesional dan berkualitas dengan mengedepankan asas berkelanjutan.

 

Menurut Co Founder PENA, A.N Rahmat, pelaksanaan UKW memiliki banyak manfaat bagi wartawan termasuk bagi media yang menaungi agar tetap menjaga eksistensi di tengah makin dinamisnya industri informasi pada saat ini.

 

“Dengan UKW, akan menjadi sebuah penguat kualitas dan profesionalitas para rekan-rekan jurnalis (wartawan), yang merupakan aspek penentu konsistensi/keberlanjutan mengarungi ketatnya tantangan di industri media saat ini,” ujarnya.

 

Dia menjelaskan, kualitas dan profesionalitas menjadi landasan kokoh bagi wartawan dan medianya untuk tetap kokoh kendati makin menjamurnya media massa serta media sosial yang juga banyak menyajikan informasi dengan begitu cepat.

 

Pada titik tersebut, wartawan yang mengantongi UKW akan menjadi pembeda karena diyakini bisa menyajikan informasi dengan lebih berkualitas, terpercaya serta mengedepankan kepentingan publik pada seluruh aspek kehidupan sosial ekonomi.

 

“Kita tentu meyakini, bahwa UKW ini adalah kanal peneguh marwah jurnalistik teman-teman wartawan sebagai salah satu profesi penghasil karya intelektual. Di mana, ini juga tidak lepas dari andil PTVI yang memfasilitasi UKW Makasaar agar menciptakan keberlanjutan jurnalistik yang profesional dan berkualitas khususnya di Makassar,” tutur dia.