GOWA — Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman membuka kegiatan Capacity Building atau pengembangan kapasitas Lingkup Pemprov Sulsel yang diikuti oleh Eselon 2, 3 dan 4 di Malino Highland, Sabtu, 5 November 2022.

Baca Juga: Warga Topidi Antusias Tanam Bibit Kopi Bersama Gubernur Sulsel

Gubernur dalam sambutan pembukanya mengapresiasi kinerja OPD. Sehingga kekompakan, sinergi dan harmonisasi harus semakin ditingkatkan.

“Kegiatan ini untuk meningkatkan kapasitas, kekompakan, harmonisasi tim serta agar kita dapat bekerja lebih baik,” kata Andi Sudirman.

Kegiatan diawali dengan membentuk formasi usia Sulsel 353 tahun, diikuti oleh 400-an pegawai.

“Kita di Malino melaksanakan beberapa kegiatan Anti Mager, ada kegiatan pertanian serta capacity Building. Ini juga untuk peningkatan perekonomian di tempat ini,” sebutnya.

Kegiatan dirancang untuk memperkuat kemampuan individu dan kelompok dalam mengambil kebijakan dan menjalankan keputusan-keputusannya dengan efektif. Di lingkungan pemerintahan, untuk meningkatkan performa aparatur menjalankan tugasnya sebagai abdi negara.

Kepala Bappelitbanda Sulsel, Andi Darmawan Bintang mengatakan para pejabat mendapat arahan langsung dari Gubernur mengenai apa yang harus diperhatikan.

“Para pejabat kita mendapat arahan dari Bapak Gubernur, apa yang perlu diperhatikan oleh instansi,” jelasnya.

Salah satu panitia, Sita menerangkan, Gubernur memimpin langsung pelaksanaan game atau permainan seru yang dihadirkan. Tujuannya untuk menguji kekompakan, kerjasama, kepemimpinan, pengendalian dan pelaporan.

“Inti Sari games and Delilah serta benang kusut, yakni kekompakan kerjasama dan kepemimpinan sehingga tidak hanya dalam permainan. Tetapi ini di keseharian misalnya organisasi pemerintahan,” sebut Sita.

Salah seorang peserta, Judita Sri Libertin dari KPH Kalaena, Luwu Utara menyatakan kesenangannya ikut dalam kegiatan ini.

“Senang sekali apalagi saya dari daerah bisa ketemu dengan teman-teman yang lain. Ketemu dengan Pak Gubernur dan meningkatkan kapasitas kami untuk kompak, bekerja harmoni dan memberikan yang terbaik,” ujarnya.