JAKARTA – Masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022/2023 mendekat, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mulai lakukan penjualan tiket KA secara bertahap mulai Senin (7/11) besok atau H-45 keberangkatan.

Baca Juga: PLN Sukses Beri Layanan Tanpa Kedip pada PORPROV Sulsel 2022

VP Public Relations KAI, Joni Martinus mengungkapkan periode angkutan Nataru yang ditetapkan perseroan adalah keberangkatan 22 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023.

Tiket kereta nantinya dapat dibeli melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, Contact Center 121, Loket Box, serta seluruh mitra resmi pemesanan tiket KAI lainnya.

Perusahaan membuka penjualan tiket KA Nataru lebih cepat dari biasanya, H-30 sebelum keberangkatan.

Joni mengatakan KAI menghadirkan peningkatan pelayanan dengan memberikan keleluasaaan waktu kepada calon pelanggan untuk mempersiapkan rencana liburan.

“KAI memberikan peningkatan pelayanan dengan memberikan waktu yang lebih leluasa kepada calon pelanggan untuk merencanakan perjalanannya dengan kereta api pada masa libur Natal dan Tahun Baru 2023 jauh-jauh hari,” ujar Joni dilansir dari CNNIndonesia.com.

Ia juga mengingatkan kepada pelanggan agar teliti dalam meng-input tanggal, memilih rute, dan memasukkan data diri pada saat melakukan pemesanan.

“Rencanakan perjalanan sebaik mungkin termasuk estimasi perjalanan menuju ke stasiun agar tidak tertinggal keretanya,” lanjut Joni.

Perusahaan juga masih menerapkan syarat naik KA sesuai ketentuan SE Kementerian Perhubungan Nomor 84 Tahun 2022 di mana pelanggan KA Jarak Jauh dengan usia 18 tahun ke atas wajib telah melakukan vaksinasi ketiga (booster). Sedangkan pelanggan usia 6-17 wajib telah melakukan vaksinasi kedua.

Protokol kesehatan akan diterapkan sesuai ketentuan pemerintah. Sejak memasuki stasiun, pelanggan akan dicek suhu tubuh dan disediakan hand sanitizer. Begitu juga saat di kereta api, petugas secara berkala membersihkan titik-titik yang sering disentuh pelanggan dengan disinfektan.