MAKASSAR – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kakanwil Kemenkumham Sulsel), Liberti Sitinjak dan para Kepala Divisi menghadiri Seminar Nasional secara virtual yang diselenggarakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Hukum dan Hak Asasi Manusia bersama dengan Sekretariat Jenderal Kemenkumham, pada Selasa (9/11/2022).

Baca Juga : PT. SJAM Hadirkan Event Tour Jappa-Jappa, Antusiasme Hari Sumpah Pemuda

Kegiatan tersebut digelar dalam rangka Hari Pahlawan ke-77 Tahun 2022, dengan tema “Back to Office, Jadilah Pegawai Sehat, Bugar dan Produktif” dibuka oleh Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, Edward O. S. Hiariej, terpusat pada Selasar Gedung Direktorat Administrasi Hukum UmumJalan HR. Rasuna Said Kav. 6-7, Kuningan, Jakarta Selatan.

“Seminar Nasional Kesehatan ini dapat menjadi awal kebangkitan seluruh pegawai dalam rangka peningkatan capaian kinerja Kementerian/Lembaga pada umumnya dan Kementerian Hukum dan HAM pada khususnya, agar semakin sehat, bugar dan produktif sebagai ASN yang PASTI dan BerAKHLAK,” ujarnya.

“Kementerian Hukum dan HAM memprioritas ketahanan kesehatan untuk menunjang produktifitas kerja pegawai dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan kebijakan-kebijakan yang berpihak kepada perlindungan kesehatan pegawai seperti menjaga protokol kesehatan, pemberian vitamin, Jumat Sehat, absensi mandiri dan seminar-seminar kesehatan yang diadakan secara rutin,” lanjutnya.

Hal tersebut diatas merupakan upaya-upaya dalam menunjang kesehatan seluruh pegawai agar mampu bertahan melewati kondisi yang ada.

Lebih Lanjut, Edward mengatakan, kini saatnya untuk kita bangkit kembali, bersatu, kokoh dan teguh untuk bersama-sama mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia. 

“Sebagai wujud kebangkitan kita, inilah saatnya kita kembali bekerja sebagai pegawai yang Sehat, Bugar dan Produktif. Tubuh yang sehat dan jiwa yang bugar akan mendukung perilaku yang produktif yang menunjang keberhasilan tujuan, visi dan misi sebuah organisasi,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM, Komjen Pol. Andap Budhi Revianto yang hadir virtual di Kanwil Kemenkumham Bali mengatakan bahwa dalam menyikapi Pandemi Covid-19, Kemenkumham telah melakukan langkah-langkah diantarnya Swab Antigen Massal, Penggunaan Baju Lengan Panjang, Pemantauan Kesehatan Via Website, Aplikasi telemedicine, Kumham Menyapa, Senam virtual, serta hal-hal lainnya.

“Semua pegawai di Lingkup kemenkumham itu harus sehat agar bisa lebih produktif dan meningkatkan kinerja sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) agar dapat memberikan kontribusi terbaik untuk organisasi,” ungkapnya.

Kegiatan ini turut dihadiri Narasumber yakni Prof. Ir. Yassierli, MT., PhD., CPE, Dr. dr. Sukamto, Sp.PD-KAI, Dr. dr. Nova Riyanti Yusuf, SpKJ, dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid., Liza Natalia, dan dr. Vito Anggarino Damay, SpJP., M.Kes., FIHA., FICA.