NTB – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) memastikan jaringan 4G di Lombok dalam kondisi prima dan siap menyambut gelaran World Superbike (WSBK) 2022 di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), 12-13 November 2022.

Baca Juga: Resmob Polda Sulsel Ringkus Predator Anak 

Sedikitnya ada 10 BTS 4G yang telah disiapkan untuk meng-cover seluruh Mandalika, termasuk sirkuit dan area pendukung di sekelilingnya, yang di dalamnya terdapat puluhan hotel besar dan kecil, restoran, dan berbagai penunjang pariwisata lainnya. XL Axiata juga menyediakan jaringan 5G di sekitar area sirkuit dengan memanfaatkan dynamics spectrum sharing (DSS), serta menyiagakan 3 unit mobile BTS untuk mengantisipasi lonjakan trafik saat event balap dunia tersebut berlangsung.

 

Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, mengatakan,XL berkomitmen dukung gelaran WSBK di Mandalika.

 

“XL Axiata sebagai operator dengan jumlah pelanggan terbesar di Lombok berkomitmen untuk ikut serta memberikan dukungan penuh gelaran WSBK di Mandalika yang kedua ini, dengan menyediakan jaringan 4G dan 5G secara memadai sesuai dengan kebutuhan,” jelasnya.

 

Ia juga menjelaskan, potensi lonjakan trafik di event WSBK ini sangat besar mengingat event balap ini sangat digemari oleh masyarakat Indonesia secara luas, belum lagi potensi hadirnya penonton dari luar negeri. Semakin banyak orang datang ke area tersebut, kebutuhan atas jaringan telekomunikasi dan data yang berkualitas juga dipastikan akan meningkat.

 

Gede menambahkan, khusus untuk BTS-BTS yang menjangkau area sirkuit Mandalika, XL Axiata akan menerapkan teknologi terbaru yaitu Massive MIMO. Dengan teknologi ini ke depannya dapat memberikan layanan data yang lebih baik karena dapat meningkatkan kapasitas data.