JAKARTA – PT LG Electronics Indonesia, telah memperkenalkan seri Air Conditioner (AC) LG Floor Standing  ke pasaran.

Baca Juga : Aparat Gerebek Pesta Halloween LGBT di Kuala Lumpur

Hal ini dilakukan mengingat permintaan AC di daerah iklim tropis terus meningkat.

Product Director of Air Solutions LG Electronics Indonesia, Changmin Han, mengatakan AC single split dengan unit indoor yang menempel di dinding terhubung dengan satu unit outdoor menjadi pilihan paling populer dalam hal penyejukan ruangan ini.

“Bilapun kemudian ruang yang ada melebihi kapasitas pendinginan yang mampu dicapai sebuah AC single sptit, solusinya kemudian dilakukan dengan menambah unit AC tersebut pada bagian dinding lainnya. Tak heran bila kemudian pemandangan seperti ini ditemui, seperti kafe kecil maupun ruang usaha lainnya hingga di ruang keluarga sebuah rumah,” katanya, Kamis (10/11/2022).

Menurutnya, selain mengganggu estetika ruang, di sisi lain juga memberikan kesulitan dalam perawatan dan perawatan unit outdoor.

Saat itulah LG memperkenalkan AC LG floor standing yang dianggap sebagai salah satu solusi untuk memenuhi kebutuhan alternatif untuk menangani penyejukan ruang besar baik untuk kebutuhan komersial maupun hunian.

Ini karena satu unit AC floor standing hanya terhubung ke satu unit outdoor.

“Dengan ruang instalasi unit outdoor dan pemipaan yang juga semakin sempit, instalasi hanya satu unit outdoor dapat benar benar didesain untuk memastikan unit AC beroperasi optimal,” jelasnya.

Baca Juga : Sambut Pergantian Tahun, Phinisi Hospitality Indonesia Luncurkan Paket Menarik

Pemilik tidak perlu meragukan kemampuan AC LG Floor Standing untuk menyejukkan seluruh ruangan.

Pasalnya, AC LG Floor Standing didesain dengan kemampuan mensirkulasikan udara sejuk hingga 20 meter dari tempatnya diletakkan.

“Tentang kecepatan pendinginan ruang pun tak perlu diragukan. Bahkan LG telah melengkapinya dengan fitur Power Cooling Mode. Diaktifkan melalui satu tombol pada remote control nya, cukup sekali tekan, akan membuat AC LG floor Standing beroperasi dengan menurunkan pengaturan suhu hingga 18 derajat Celcius,” katanya.

Tidak hanya itu, sirip yang mengontrol arah aliran udara dengan cepat dapat berubah arah untuk memastikan hembusan angin sejuk terbuka untuk meningkatkan kecepatan pendinginan area.

Meski dengan kapasitas pendinginan yang besar dan fitur penyejukan yang bisa bekerja mengisi ruangan, tidak membuat seri AC LG Floor Standing menggunakan listrik yang tinggi.

Hal ini dikarenakan AC LG Floor Standing memiliki basis teknologi inverter pada kompresornya yang memungkinkan bekerja dengan mengatur kecepatan sesuai kebutuhan tanpa melalui proses mematikan dan menghidupkan kembali kompresor.

Apalagi jika melihat dari sisi desain, AC LG Floor Standing memiliki keunggulan dibandingkan AC single split yang biasa digunakan.

Karena desain diletakkan secara vertikal di atas lantai, maka pemasangannya tidak memerlukan kegiatan yang dapat merusak bagian-bagian ruang seperti pemasangan dinding.

“Sementara bentuk keseluruhannya pun tak dapat dibilang tak menarik. Bentuk tinggi menjulang dengan dominasi warna putih, membuatnya rmudah menyatu dengan keseluruhan interior ruang,” jelasnya.

Semua keunggulan tersebut menjadikan seri AC LG Floor Standing pilihan yang tepat untuk kebutuhan komersial dan hunian.

Di kawasan hunian, selain di ruang keluarga, penggunaan AC LG Floor Standing juga bisa digunakan di apartemen.

Dengan penataan ruang yang rapat, penggunaan satu unit AC LG Floor Standing dapat menjadi pusat pendinginan beberapa ruangan sekaligus.

Soal harga, menurut Changmin Han, AC LG Floor Standing ditawarkan dengan harga Rp 16 juta untuk kapasitas 2 1/2 PK yang merupakan kapasitas yang sangat kecil.

“Sedangkan kapasitas terbesar yaitu 20 PK, ada di kisaran harga Rp 101 juta,” pungkasnya.