JAKARTA – PT PLN (Persero) kembali lakukan kampanye ekosistem kendaraan listrik dengan mendukung kegiatan touring dari Jakarta ke Bali yang diinisiasi oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Baca Juga: Kemenkumham Sulsel Tarik BKO Dari Lapas Takalar

Rombongan touring tiba di Nusa Dua, Bali pada Jumat (11/11), dengan disambut oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM), Teten Masduki; Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati; Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Hendro Sugiatno; serta Direktur Retail dan Niaga PLN, Edi Srimulyanti.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo menyatakan, dukungan tersebut juga ditujukan terhadap penyelenggaraan Presidensi KTT G-20. Dukungan itu ditunjukkan melalui pembangunan stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) yang gencar.

“KTT G20 ini merupakan acara internasional yang menjadi sorotan dunia. Untuk itu, PLN menyiapkan dengan sangat matang dan mengerahkan seluruh daya upaya demi menyukseskan Presidensi G20,” ucapnya dilansir dari CNNIndonesia.com.

Berlangsung selama lima hari, kegiatan touring ini diikuti 20 unit kendaraan yang berasal dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, PLN, serta ATPM lain dengan rute Jakarta-Cirebon-Semarang-Surakarta-Surabaya-Jember-Bali sejauh 1.250 km.

Di lokasi kedatangan, PLN juga serta dalam kegiatan pameran kendaraan listrik yang digelar pada 11-16 November 2022. Pameran tersebut diikuti oleh 28 exhibitor yang terdiri dari sepeda motor listrik, mobil listrik, bus listrik, truk listrik, kendaraan konversi listrik, serta komponen pendukung kendaraan listrik berbasis baterai.

Direktur Retail dan Niaga PLN, Edi Srimulyanti menjelaskan, perseroan telah mempersiapkan 147 unit SPKLU di sepanjang rute dari Jakarta hingga Bali. Sehingga, pengguna mobil listrik tidak perlu khawatir saat melewati rute tersebut.

Edi mengingatkan, pengguna kendaraan listrik hanya perlu mengisi daya listrik kendaraan sebanyak lima kali dalam rute Jakarta-Bali.