MAKASSAR – Ketua Komisi VIII DPR RI, Ashabul Kahfi berharap adanyaAsrama (hunian) bagi pelajar, di Kota Benteng Selayar asal pulau-pulau sekitar Selayar yang diungkap saat menghadiri Kegiatan Silaturahmi Antar Tokoh Agama, di UPT Asrama Embarkasi/Debarkasi Haji Makassar, Sulawesi Selatan, pada Minggu (13/11/2022).

Baca Juga : Mau Tanya Masalah Hukum? Silahkan Ke Balla Aspirasi Kejari Jeneponto

“Ini Aspirasi datang dari orang tua pelajar yang kesulitan memperoleh hak belajar dan menuntut ilmu keagamaan di Selayar saat cuaca sedang tidak bersahabat. Bagaimana kita membayangkan perasaan anak-anak saat sedang bersemangat bersekolah namun terkendala transportasi tidak berfungsi kala cuaca buruk,” katanya.

Hal serupa juga dialami Kahfi saat aktif di civitas akademika dan ditugaskan mengajar di daerah kepulauan. Hanya saja jika menjadi pendidik justru dirinya diberi upah, berbeda dengan pelajar yang berasal dari sekolah baik sekolah negeri maupun swasta.

“Karena pernah mengalami hal serupa, dengan adanya bapak Menteri Agama RI, Gus Men Yaqut kita berharap ada Asrama di Kota Benteng Selayar, hunian khusus anak didik dari pulau-pulau sekitar Selayar,” ungkapnya.

Selain memperjuangkan Asrama bagi pelajar kepulauan, Kahfi juga memuji program Moderasi Keagamaan dari Kemenag RI. Kahfi menuturkan Negara Indonesia dengan beragam etnik, suku, budaya dan agama berbeda sudah seharusnya diperkuat program seperti Moderasi Keagamaan.

Gus Menteri Gus Yaqut Cholil Qoumas dalam sambutannya berharap program Moderasi Keagamaan akan semakin mengakar dan merata hingga pelosok tanah air. Sebagai negara yang luas dan masuknya Program Moderasi Keagamaan dalam RPJMN isu intoleransi dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara mampu ditepis.

“Seperti yang kita ketahui, Moderasi Keagamaan adalah perilaku kita beragama di dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara. Agar dalam beragama kita tidak ke kiri maupun ke kanan,” ujarnya.

“Suatu kebanggaan warga Sulawesi Selatan memiliki seorang wakil rakyat yang mampu berfikir hingga ke pulau paling ujung. Kami berharap aspirasi warga melalui Ketua Komisi VIII DPR RI ini mampu kami wujudkan,” katanya.

Usai menghadiri Kegiatan Silaturahmi Antar Tokoh Agama di Sulawesi Selatan, Gus Menteri Yaqut Cholil Qoumas kemudian pamit untuk bertolak ke Solo untuk mendampingi Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo dalam rangka tugas kenegaraan.