MAKASSAR – KALLA menjadi bagian dalam musyawarah daerah Perhimpunan Manajemen Sumber Daya Manusia (PMSM) Indonesia DPD Sulawesi Selatan, yang digelar di Bikin-Bikin Creative Hub Nipah Park, pada Sabtu (12/11/2022).

Baca Juga : Mendaki Gunung Agung, 2 WNA yang Hilang Ditemukan Selamat

People & Process Director Kalla Group, Disa R Novianty menjadi nahkoda Perhimpunan Manaemen Sumber Daya Manusia (PMSM) Sulawesi Selatan (Sulsel) perioden 2022-2025 saat musyawarah daerah tersebut.

“Kita akan berupaya menjadikan PMSM sebagai wadah untuk saling sharing dan meningkatkan kompetensi anggotanya, sehingga praktisi HC di Sulawesi Selatan akan selalu update dengan perkembangan terbaru di dunia HC dan bisa menerapkan best case practise di organisasinya masing-masing sesuai dengan kebutuhan,” ungkapnya.

KALLA Learning Center Department Head sekaligus Ketua Panitia Seminar dan Musyawarah Daerah DPD PMSM Indonesia Sulawesi Selatan, Rusli Manaf mengungkapkan pergantian pengurus tahun ini adalam wadah untuk membangun jejaring dan komunikasi untuk meningkatkan pemahaman serta membangun program-program meningkatkan kualitas SDM dengan pemerintah dan perusahaan-perusahaan, termasuk anggota PMSM yang ada di Sulsel.

“Terlibatnya Kalla Learning Center menunjukkan bahwa KALLA tidak hanya fokus terhadap pelatihan Internal tetapi juga untuk masyarakat, UMKM dan perusahaan swasta, agar dapat lebih berkontribusi untuk aktif bersama dan maju bersama,” katanya.

Melalui PMSM, setiap Human Capital (HC) berperan penting dalam kerjasama dengan masyarakat sekitar, oleh karena itu proses ini tidak hanya untuk expert di HC, tetapi juga untuk memahami prinsip organisasi yang benar.

Dewan Pembina PMSM Indonesia & HR Director Bluebird Group, Pambudi Sunarsihanto menjelaskan, kegiatan tersebut bertujuan untuk menerapkan standar kepengurusan organisasi yang sehat dengan prinsip keterbukaan dan kerjasama.

“Organisasi ini memiliki tujuan sangat mulia sehingga membutuhkan komitmen dari setiap anggotanya. Sebagai HR kita tidak hanya berfikir soal perusahaan kita, tetapi terkadang harus berfikir untuk negara dan provinsi kita demi kemajuan bersama,”

Peningkatan kualitas SDM Indonesia merupakan salah satu perhatian utama PMSM Indonesia, dimana PMSM Indonesia merupakan asosiasi yang fokus pada pengelolaan dan pengembangan SDM Indonesia, yang tergabung dalam organisasi.

PMSM Indonesia merupakan penggabungan yang telah disahkan dalam Musyawarah Nasional antara dua organisasi, yaitu Asosiasi Pengembangan Sumber Daya Manusia (APSDM) dan Asosiasi Manajemen Sumber Daya Manusia (AMSM). Sehingga diadakannya musyawarah daerah Sulsel untuk membentuk kepengurusan DPD yang mampu mendukung dua asosiasi profesi.

Pelaksanaan musyawarah daerah PMSM dan HR Meet & Talk mendapat banyak dukungan dari berbagai pihak, antara lain Kalla Group, Kalla Learning Center (KLC), Kalla Hospitality (Gastros), Insight Sinergy Talent, GML Performance Consulting, Bank Mandiri, Charun Phokpan, MarkPlus dan Yayasan Hadji Kalla.