JAKARTA – Empat bank sentral ASEAN yakni Bank Negara Malaysia (BNM), Bangko Sentral ng Pilipinas (BSP), Monetary Authority of Singapore (MAS), dan Bank of Thailand (BOT) bekerjasama dengan Bank Indonesia (BI) yang ditandai dengan penandatanganan kesepakatan untuk mendorong kemudahan transaksi digital di kawasan.

Baca Juga: Komisaris Utama PTPN XI: Indonesia Terancam Resesi

Kerja sama ini tertuang dalam penandatanganan Nota Kesepahaman Kerja Sama Konektivitas Pembayaran Kawasan pada Senin (14/11). Ini adalah bagian dari rangkaian kegiatan KTT G20, di mana momentum penandatanganan ini diawali pidato sambutan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

 

Implementasi kerja sama ini bakal mendukung dan memfasilitasi perdagangan, investasi, pendalaman pasar keuangan, remitansi, pariwisata, dan aktivitas ekonomi lintas batas lainnya, serta mendorong ekosistem ekonomi dan keuangan kawasan yang lebih inklusif.

 

Inisiasi kerja sama ini juga secara khusus diharapkan dapat mendukung Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) terutama untuk mendorong penetrasi dan eksposur UMKM di pasar global. Kerja sama konektivitas pembayaran kawasan ini meliputi beberapa skema konektivitas sistem pembayaran, termasuk QR code dan fast payment.

 

Gubernur BI, Perry Warjiyo menyampaikan kerja sama ini menjadi batu lompatan untuk membuka jalan bagi konektivitas pembayaran lintas batas yang lebih kuat dan maju.

 

“Kerja sama bilateral yang telah terjalin selama ini akan diperluas melalui kerja sama konektivitas pembayaran kawasan sebagai upaya untuk memperkuat integrasi ekonomi kawasan. Kolaborasi ini juga menjadi kunci untuk mempercepat pemulihan ekonomi,” katanya dilansir dari CNNIndonesia.com.

 

Perry mengharapkan negara lain dapat mengikuti inisiatif dan kepemimpinan BI dalam kerja sama ini dan menjadikannya sebagai rujukan untuk mengimplementasikan konektivitas pembayaran lintas batas.