JAKARTA – Vaksin PCV, HPV dan rotavirus adalah vaksin yang diberikan pemerintah ke anak Indonesia akan bertambah tahun depan tanpa dipungut biaya apapun. Hal ini disampaikan langsung oleh Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Budi Gunadi Sadikin (21/9/2021).

Baca Juga Wali Kota Makassar Kampanye Vaksinasi Sapu Jagad 100 RT 100 Persen

Peningkatan jumlah vaksin yang awalnya 11 vaksin menjadi 14, termasuk PCV, HPV dan Rotavirus untuk memperkuat imun anak dari pneumonia dan diare.

“Kami akan meningkatkan jumlah vaksin yang akan kita berikan dari 11 menjadi 14, termasuk didalamnya vaksin PCV, HPV dan Rotavirus yang bisa meningkatkan kekebalan anak kita dari penyakit pneumonia dan juga diare,” kata Menkes Budi dalam pelaksanaan peringatan Hari Keselamatan Sedunia 2021 di RSAB Harapan Kita Jakarta.

Selain peningkatan kesehatan ibu dan anak, pemerintah juga peningkatan kunjungan Antenatal Care (ANC), dan pengecekan infrastruktur alat USG di setiap puskesmas. Dengan adanya peningkatan, maka kesehatan dari orang tua dan janin juga dapat dimonitor dengan baik.

BGS juga akan menambah alat USG di Puskesmas yang digunakan untuk melihatan kesehatan janin di dalam kandungan dengan lebih terfasilitasi.