JAKARTA – Pebalap Indonesia, Andi Farid Izdihar alias Andi Gilang menjuarai Asia Road Racing Championship (ARRC) 2022. Pebalap binaan PT AHM menunjukkan performa gemilang dan heroik menutup musim ARRC 2022. Pada seri terakhir di Chang International Circuit, Buriram, Thailand, para pebalap mendominasi podium di dua race yang digelar Sabtu-Minggu (19-20/11/2022).

Baca Juga : Pertama Dalam Sejarah, Dunia Krisis Energi

Andi Gilang bahkan sapu bersih podium pertama dalam dua race, sekaligus mengukir sejarah sebagai pebalap Indonesia pertama yang meraih gelar juara ARRC kelas Supersaport (SS) 600.

Andi konsisten tampil dengan baik pada balapan kedua, Minggu (20/11/2022). Menyadari bahwa dia tertinggal 14 poin dari pemimpin klasemen, dia perlu merebut kembali podium teratas dan mendapatkan 25 poin lagi.

Usahanya berhasil, tampil di lintasan yang basah dan licin, Andi mampu kembali memimpin dan memenangkan race kedua sekaligus mengamankan gelar juara.

Kemenangan ini begitu dramatis karena dengan hasil di race terakhir, poin Andi Gilang menyamai pemimpin klasemen sebelumnya. Namun Andi dinyatakan sebagai juara kelas SS600 karena meraih lebih banyak kemenangan.

Andi mengatakan ia membutuhkan fokus ekstra untuk meraih kemenangan dan hidak melakukan kesalahan.

“Balapan yang sangat luar biasa. Saya mencoba mengatur irama dengan baik, menjaga fokus agar tidak melakukan kesalahan. Bahkan sampai lap terakhir saat saya kehilangan posisi pertama, saya tetap berusaha untuk tenang dan mencoba mengambil kesempatan yang ada. Akhirnya, di tikungan terakhir saya bisa kembali mengambil alih posisi dengan baik dan finish pertama. Double winner dan penentuan juara Asia ini adalah momen terbaik dalam karier balapan saya,” tuturnya.

Baca Juga : Hyundai Turut Andil dalam Perhelatan KTT G20