WAKATOBI – PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Sulselrabar juga mendukung upaya mempertahankan ekosistem pesisir dari kerusakan, seperti penanaman 5.000 bibit Mangrove, di Pantai Melaione, Wakatobi, Sulawesi Tenggara, pada Senin (28/11/2022).

Baca Juga : PLN Salurkan 400 Paket Sembako untuk Warga Terdampak Banjir Majene

Kegiatan penanaman ini merupakan bagian dari upaya PLN untuk menyemarakkan ‘Hari Menanam Pohon Indonesia’, yang diperingati secara nasional pada tanggal 28 November setiap tahunnya.

Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan (UP3) Pelanggan Baubau, Agus Susanto secara simbolis menyerahkan bantuan bibit Pohon Mangrove sebesar Rp 100 juta kepada Bupati Wakatobi, Haliana yang merupakan bantuan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) atau CSR (Corporate Social Responsibility). 

Agus Susanto mengatakan penanaman bibit mangrove merupakan komitmen PLN untuk menjaga lingkungan di Wakatobi.

“Kegiatan ini menjadi komitmen PLN dalam menjaga keseimbangan lingkungan dan ekosistem mangrove sehingga menciptakan lingkungan yang lebih baik untuk kedepannya”, ujarnya.

Pada Tahap I, PLN telah melakukan penanaman 2.500 bibit di tepi Pantai Melaione, Dusun Melaione, Desa Matahora, Kecamatan Wangi-wangi Selatan, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, pada senin (28/11/2022).

Selanjutnya, di Tahap II, akan ditanam kembali 2.500 bibit pohon Mangrove di Pulau Sumanga, Wakatobi, pada Desember 2022.

Agus Susanto berharap kegiatan penanaman mangrove, nantinya dapat mencegah abrasi yang lebih besar di Pantai Melaione, Sulawesi Tenggara.

Bupati Wakatobi, Haliana berterima kasih atas bantuan bibit Pohon Mangrove serta mengapresiasi upaya PLN dalam mempertahankan ekosistem pesisir di Pantai Melaione.

“Terima kasih kepada PLN dan seluruh Stakeholder yang telah bahu-membahu dalam melestarikan lingkungan, semoga upaya ini menjadi langkah yang baik untuk mempertahankan ekosistem pesisir di Pantai Melaione,” ujarnya.

PLN berharap masyarakat agar bisa menjaga dengan sebaik-baiknya untuk dinikmati kedepannya.

Kegiatan dihadiri Bupati Wakatobi Haliana, Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan (UP3) Pelanggan Baubau, Agus Susanto, Perwakilan Dinas Lingkungan Hidup, Perwakilan Dinas Kelautan Perikanan serta Komunitas .