MAKASSAR – Pelaksanaan seminar nasional yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) UIN Alauddin Makassar dengan tema ‘Indonesia Emas 2045: Harapan dan Tantangan Bangsa’. Kegiatan ini diadakan di Auditorium UIN Alauddin Makassar pada Kamis (15/12).

Baca Juga:

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan UIN Alauddin Makassar, Prof. Dr. Darussalam, M. Ag.

Baca Juga: Perancang Kemenkumham Sulsel Bahas 3 Ranperda Maros

Seminar Nasional kali ini membahas mengenai tatanan ruang yang ada di Sulawesi Selatan, dengan menghadirkan empat narasumber yaitu Direktur Perencanaan Tata Ruang Nasional ATR/BPN, Drs. Pelopor, M. Eng, Sc; Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, S.T.; Walikota Makassar 2004-2014, Dr. Ir. H. Ilham Arief Sirajuddin, M.M., dan Ketua IAP Sulawesi Selatan, Arief Isnaeni, S. T., M. Sp., IAP.

 

Dalam tatanan ruang di provinsi Sulawesi Selatan mengalami pertumbuhan ekonomi sebanyak 5,67% ditahun ini. Dimana peran Sulawesi sebagai salah satu pintu gerbang Indonesia dalam perdagangan internasional dan gerbang KTI yang semakin kuat.

 

Wakil Rektor III berharap kepada Mahasiswa Sains dan Teknologi (Saintek) UIN Alauddin Makassar bahwa Jurusan Arsitek nantinya dapat membuka Jenjang S2, karena jurusan tersebut sudah terakreditasi A. Dan tentunya kepada mahasiswa S1 PWK, dapat menjadi ahli perencana dan bergabung di Ikatan Ahli Perencana Indonesia (IAP).

 

“Tentunya integrasi ruang darat dan ruang lain yang akan mendorong akselarasi pembagunan di wilayah Sulawesi Selatan,” jelasnya.