RAKYATDOTNEWS, MAKASSAR – Program 10.000 vaksinasi yang dicanangkan oleh Yayasan Hadji Kalla bersama IDI Makassar sukses digelar selama dua hari.

Kapolda Sulsel, Irjen Pol Merdisyam dan Walikota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto kompak hadir dalam kegiatan tersebut.

Kedua tokoh ini melakukan pemantauan langsung pelaksanaan Program 10.000 Vaksinasi yang sedang berlangsung di titik Mal Ratu Indah yang merupakan salah dari empat titik disediakan Kalla Group.

Mohammad Ramdhan Pomanto dalam sambutannya mengatakan bahwa vaksinasi akan memperkuat imun warga. Target yang dicanangkan pemerintah akan lebih mudah dicapai melalui kolaborasi-kolaborasi vaksinasi massal.

“Saya atas nama Pemerintah Kota Makassar mengucapkan terima kasih kepada Kalla Group, IDI Kota Makassar, dan seluruh vaksinator yang hari ini melaksanakan kegiatan vaksinasi yang luar biasa. Kegiatan seperti ini akan mempercepat target vaksinasi di kota Makassar. Semoga ini menjadi amal kita,” pungkasnya.

Antusiasme masyarakat untuk mendapatkan dosis vaksin cukup tinggi. Peserta yang hadir dihimbau untuk terus melaksanakan protokol kesehatan oleh Satgas Covid-19 KALLA yang bertugas.

Hingga pukul 15:30 di hari terakhir, tercatat 9.008 masyarakat yang hadir di 4 titik vaksinasi, yakni di Mal Ratu Indah, NIPAH, Masjid Al Markaz, dan Graha IDI Makassar. Angka peserta ini terus naik hingga penutupan gelaran vaksinasi pada sore hari.

Hairoen Hamzah Siregar selaku Ketua Serbu Vaksin KALLA mengungkapkan bahwa gelaran ini merupakan hasil kerja sama bersama IDI Makassar. 10.000 vaksin disiapkan dari hari pertama hingga hari terakhir.

Dalam dua hari ini, terlihat antusiasme masyarakat yang tinggi. “Kami berharap vaksin ini bisa dengan cepat diserap oleh masyarakat Kota Makassar,” ungkapnya.

dr. Wahyudi Muchsin selaku kordinator vaksinasi di Mal Ratu Indah menambahkan bahwa terjadi lonjakan peserta vaksin di hari kedua. Hal ini dikarenakan pada hari pertama, panitia menyiapkan vaksin bagi peserta yang telah mendaftar secara online.

“Kami berharap agar masyarakat tidak mempercayai berita hoax yang beredar. Kami dari IDI melihat begitu banyak manfaat dari vaksin ini,” tambahnya.

Salah satu peserta vaksin yang merupakan seorang driver ojek online pun merasakan manfaat dengan digelarnya program 10.000 vaksinasi ini. Beliau mengatakan bahwa pelaksanaan vaksinasi berjalan lancar. Dan dibantu dengan antusiasme masyarakat yang luar biasa.

“Mulai dari awal mengambil nomor antrian dan mengisi formulir, lumayan bagus. Tenaga medis yang bertugas cukup bekerja secara maksimal,” ungkap Muh. Natsir Wahab.

KALLA senantiasa mendukung program pemerintah demi tercapainya target vaksinasi di kota Makassar. KALLA melalui program 10.000 vaksinasi ini berharap dapat memberikan kontribusi positif demi terciptanya herd immunity.

Hal ini juga menjadi salah satu upaya dalam memperbaiki perekonomian nasional. Setelah menggelar vaksinasi, masyarakat sekiranya dapat beraktifitas kembali dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. (**)