MAKASSARCara membuka toko online dari rumah merupakan salah satu jalan untuk mencapai kebebasan finansial. Akan tetapi, ada beberapa cara memulai bisnis online yang wajib dipahami agar usaha Anda bisa berjalan lancar.

Baca Juga : Tax Awards 2022, TP PKK Harap Wajib Pajak Makassar Maksimal
1. Cari Tahu Apa yang Dibutuhkan Pasar

Pertama, cara untuk memulai bisnis online dari nol adalah mencari tahu apa yang tengah diperlukan pasar. Produk/jasa yang paling dibutuhkan oleh masyarakat membuat bisnis Anda semakin berkembang. Sebab pasar juga akan merasa terbantu dengan adanya bisnis Anda.

Kemudian Anda dapat menentukan solusi terbaik untuk mengatasi masalah mereka dengan cara mendirikan bisnis. Kemudian pastikan bisnis yang akan Anda dirikan merupakan solusi dari permasalahan pasar.

2. Jalankan Riset Pasar

Setelah mencari tahu hal yang dibutuhkan pasar, cara membuka toko online selanjutnya adalah dengan melakukan riset pasar. Hal ini bertujuan untuk mengetahui permintaan pasar atau data secara objektif.

Dengan demikian, dari informasi tersebut diharapkan mampu menjadi pertimbangan Anda dalam mengambil keputusan. Anda dapat memulai riset pasar dengan mencari produk/jasa yang sedang trend atau populer di masyarakat melalui media sosial. Selanjutnya, Anda bisa mencocokkan hasil riset tersebut dengan data di internet.

3. Pilih Produk yang Akan Dijual Secara Online

Setelah melakukan riset pasar dengan mendalam, cara membuka toko online berikutnya yakni memilih produk apa saja yang akan Anda pasarkan melalui kanal-kanal internet. Sebelum menentukan produk yang dijual, ada baiknya Anda menyeimbangkan dulu beberapa pilihan dengan berbagai peluang dan resikonya.

4. Tentukan Target Konsumen

Hal yang tak kalah penting setelah Anda menentukan jenis produk yang dijual secara online adalah menentukan target konsumen.