MAKASSAR – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan kembali menorehkan prestasi. Kali ini di bidang Pusat Layanan Usaha Terpadu–Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (PLUT KUMKM) berhasil meraih juara 1 kompetisi PLUT Terhebat 2022 yang digelar oleh Kementerian Koperasi dan UKM RI di Jakarta.

Baca Juga: Libatkan 5.000 Peserta, Lomba Tarik Tambang IKA UNHAS Sulsel Bakal Pecahkan Rekor MURI

Kemenkop UMKM RI sebelumnya telah melakukan penjurian ketat terhadap 74 PLUT sejak bulan Oktober 2022 lalu. Penilaian dilakukan terhadap kinerja dan inovasi semua pelayanan usaha Koperasi dan UKM yang ada di seluruh Indonesia.

 

Kepala UPT PLUT Sulawesi Selatan, Indriastuti Saggaf mengatakan pada kompetisi PLUT tahun 2022 ini, Sulsel memaparkan inovasi yang berbeda dari daerah lainnya yakni menyiapkan program unggulan untuk mempermudah pelaku usaha.

 

Indriastuti menjelaskan pihaknya tidak hanya sekadar menjadikan PLUT sebagai rumah yang ramah bagi KUMKM. Namun juga inovasi ‘one stop service’.

 

Inovasi seperti tanya PLUT, NIA PLUT, learning management system bahkan toko online cukup diakses melalui website plutsulsel.com. Tidak harus offline.

 

Di aplikasi itu sudah terdapat pendampingan dan konsultasi, inkubasi, bussiness matching, transformasi digital, hingga showcase bagi produk UMKM dan wirausaha baru.

 

“Jumlah UMKM di Susel mencapai 1,5 juta. Sangat banyak. Tentu tidak bisa dilayani oleh PLUT jika offline. Sehingga solusinya melalui pelayanan online,” kata Indriastuti.

 

Inovasi ini juga bentuk tindaklanjut dari arahan Menteri Koperasi dan UKM RI, Teten Masduki. Kata Teten, pelaku UMKM harus bisa membiasakan diri menggunakan ekosistem digital.

 

Teten menambahkan peran PLUT sangat vital sebagai perubahan perekonomian nasional. Ia pun mengapresiasi semua peserta sebab dinilai turut mendorong UMKM dapat naik kelas.