MAKASSAR – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel) mengikuti Upacara Peringatan Hari Bela Negara Ke-74 Tahun 2022 yang dirangkaikan dengan Kesiapan Pengamanan Natal dan Tahun Baru (NATARU), Senin (19/12).

Baca Juga: Jaga Kedisiplinan, Kanwil Kemenkumham Sulsel Gelar Pemeriksaan Atribut Pegawai

Kakanwil Sulsel, Liberti Sitinjak beserta jajaran mengikuti upacara ini secara daring yang dilaksanakan terpusat di Lapangan Upacara Kemenkumham RI, Jakarta. Peringatan HBN tahun ini mengangkat tema ‘Bangkit Bela Negaraku, Jaya Indonesiaku’.

Bertindak sebagai inspektur upacara, Sekretaris Jenderal, Komjen Pol. Andap Budhi Revianto membacakan sambutan Presiden Joko Widodo. Ia mengatakan bela negara adalah suatu sikap, perilaku, dan tindakan warga negara, baik secara perorangan maupun kolektif dalam menjaga kedaulatan, keutuhan wilayah, serta keselamatan bangsa dan negara.

“Kita harus mempunyai daya tangkal dan ketangguhan dalam menghadapi situasi yang semakin berkembang pesat dan kompleks di segala bidang. Oleh karena itu, kita harus terus membangun SDM yang unggul, produktif, inovatif dan berdaya saing serta memiliki kesadaran bela negara,” ungkap Andap.

Selanjutnya, Andap kemudian memberikan arahan terkait menyambut Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2023 (Nataru). Ia memberi perhatian khusus pada aspek pengamanan, pelayanan publik, upaya mitigasi keadaan darurat.

Terkait kesiapan pengamanan Ia meminta adanya perhatian, seperti pengamanan diri sendiri, pengamanan di lingkungan kerja, dan pengamanan fisik lainnya, seperti dokumen dan berkas,. Antisipasi keadaan darurat, seperti kebakaran.

“Siapkan rencana dan langkah-langkah kontijensi terhadap kejadian yang mungkin timbul, serta tingkatkan kewaspadaan,” jelasnya.

Andap juga meminta kesiapan pelayanan publik yang tetap beroperasi di saat libur, seperti pelayanan keimigrasian di bandara, pelayanan di lapas dan rutan, termasuk pemberian remisi khusus natal.