MAKASSAR – Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman meresmikan delapan sarana dan prasarana di Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Dadi, Jalan Lanto Daeng Pasewang, Makassar, pada Jumat (23/12/2022).

Baca Juga : Eks Ketua PGRI Bulukumba: IAS Punya Kepedulian dan Selalu Beri Solusi

“Kita meresmikan pelayanan kesehatan ini, dengan harapan semakin meningkatkan pelayanan yang lebih optimal, termasuk untuk pasien umum,” katanya

Layanan unggulan di RSKD Dadi selain didukung fasilitas lengkap dan canggih. Juga didukung oleh dokter ahli yang lengkap. 

Di antaranya, layanan Poliklinik Kedokteran Nuklir dan Teranostik Mukular yang dimiliki merupakan satu-satunya di Kawasan Timur Indonesia (KTI).

Dokter Spesialis Kedokteran Nuklir RS Dadi, dr. As’ari As’ad, Sp.KN-TM menjelaskan, layanan yang dilakukan berupa pemeriksaan In-vitro dengan metode Radiomunoessay (RIA). Salah satu metode pemeriksaan hormon tiroid penanda tumor yang merupakan gold standard pemeriksaan tiroid. 

“Menggunakan teknologi nuklir. Pasien kanker tiroidnya kita ambil darahnya, kemudian kita periksa dengan alat gamma counter. Alat ini akan memberikan kuantitatif atau nilai, seberapa banyak sisa sel kankernya,” jelasnya.

Sedangkan, Spesialis Radiologi RSKD Dadi, Dr. Sri Muliati.Sp.Rad menjelaskan fasilitas magnetic resonance imaging (MRI) yang dimiliki dapat melalukan jenis pemeriksaan baik mulai dari kepala hingga tulang belakang, abdomen, tulang-tulang dan muskulus kaletal. Fasilitas ini juga telah melayani pasien dari luar Dadi.

“Pasien dalam keadaan lumpuh, bisa diperbaiki setelah dilakukan MRI, itu dapat kembali seperti semula. Karena bisa kelihatan tingkat kelainannya pada level mana,” jelas dr. Sri Muliati

“Semua jenis pemeriksaan dapat kita lakukan, karena tersedia semua jenis koil (alat pengantar sinyal ke organ). Jadi pemeriksaan spesifik dapat dilakukan,” tambah Radiologi – Asmiati Amir. S.Si. M.Si.

Layanan lainnya, di Poli Jantung juga canggih dan lengkap, terdapat treadmill test dan USG jantung.

Dokter Spesialis Jantung RS. Dadi, dr. Muhammad Reis Reza Saiby, Sp.JP, FIHA  menjelaskan, alat yang dimiliki lengkap dan canggih. 

“Kita punya itu treadmill test jantung, apakah ada penyempitan di pembuluh darah jantung,” jelasnya.

“Kalau ada gejala penyempitan kita bisa lakukan pengobatan dan pelaksanaan lebih lanjut. Sedangkan, untuk alat USG jantung, melakukan scan jantung untuk mengetahui kekuatan pompa otot jantung berapa. Otot jantung apakah masih bagus atau ada yang rusak, klepnya dan juga dapat melihat perkembangan jantung tersebut,” tambahnya.

Pada peresmian ini, Andi Sudirman melakukan kunjungan ke fasilitas yang diresmikan didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, Rosmini Pandin dan Direktur RSKD Dadi, dr Arman Bausat dan Kepala Ruangan OK, dr. Alamsyah Ambo Ala Husain, Sp.An.

Adapun sarana dan prasaranan yang diresmikan: akses jalan perawatan psikiatri, IGD Psikiatri terintegrasi PHCU, IGD Terintegrasi laboratorium dan radiologi, Gedung MRI, Poli Eksekutif,  Poli Telemedice serta Poli Kedokteran Nuklir serta kamar operasi.