SULTRA – Beras organik milik petani binaan PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) di Blok Pomalaa berhasil memikat hati Anggota DPRD Kolaka, Firlan M Alimsyah. Beras organik tersebut merupakan bagian dari Program Pertanian Sehat Ramah Lingkungan Berkelanjutan (PSRLB) dengan metode System of Rice Intensification (SRI) Organik.

Baca Juga: Tetapkan 14 Tersangka Kasus BPNT, Polda Sulsel Dapat Penghargaan Kemensos

Meski baru pertama kali melihat beras organik dan mendapatkan penjelasan manfaatnya jika dikonsumsi, Firlan langsung membeli beras tersebut. Firlan mengetahui manfaat positif beras organik dari program pemasaran yang dilakukan PT Vale bersama petani binaan PT Vale di Blok Pomalaa melalui media sosial. Akhirnya, Firlan langsung memesan sebanyak 25 kg beras organik. Tak hanya itu, dia berkesempatan bertemu petani dan melihat langsung areal persawahan SRI Organik.

Dia memuji beras organik yang dibeli langsung dari petani binaan PT Vale. Menurutnya, beras tersebut sangat bagus untuk dikonsumsi meskipun sudah dingin dan baru pertama kali dia konsumsi beras seperti ini.

“Beras ini sangat bagus dikonsumsi, higienis, sehat dan wangi,” katanya.

Tak hanya Firlan, Kepala Desa Puubunga, Sutaji mengatakan, petani sangat puas dengan hasil dari panen padi organik. Sutaji pun baru musim ini mulai beralih dari padi anorganik ke organik, dan saat ini dia sementara menunggu panen.

“Saya beralih ke padi organik tahun ini dan belum panen, tetapi kalau saya dengar dari warga saya yang sudah panen, mereka sangat puas dengan hasilnya, harga beras organik juga mahal dan paling penting tidak kesulitan saat mencari pupuk. Selain itu, juga tekstur tanah terjaga atau dari segi lingkungan sangat baik,” ujar Sutaji.