MAKASSAR – Universitas Bosowa (Unibos) laksanakan program Matching Fund Kedaireka 2022. Dalam kegiatan ini, memfokuskan pada Pengembangan Usaha Budidaya Udang dan Ikan secara intensif di PT. Bosowa Isuma dan masyarakat Desa Majannang dalam rangka optimalisasi program merdeka belajar kampus merdeka selama Desember 2022.

Baca Juga: Asmo Sulsel: Servis di Honda AHASS Banyak Manfaatnya

PT. Bosowa Isuma dan masyarakat yang terletak di Desa Majannang, Kecamatan Maros Baru, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan menjadi sasaran kegiatan dalam program yang diusung oleh Unibos kerjasama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

 

Tim Unibos yang terlibat termasuk lima Dosen Unibos Dr. Ir. Sri Mulyani, M.M, Mardiana, S. Pi., M.Si, Dr. Muh. Kafrawi Yunus S.E., M.M, Ir. Muh. Fikruddin B, S. Kel., S.T., M.Si., IPM., ASEAN Eng, Dr. Fatmawati, S.TP., M.Pd dan 1 orang dari Universitas Hasanuddin Prof. Dr. Ir. H. Muh.Saleh Pallu, M. Eng.

 

Dr. Ir. Sri Mulyani, M.M menuturkan harapan kegiatan ini dilaksanakan.

 

“Kami berharap kegiatan ini dapat menyelesaikan permasalahan mitra dan masyarakat pembudidaya dengan menerapkan teknologi tepat guna berkelanjutan. Selain itu juga semoga kegiatan ini dapat mewujudkan ekosistem Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang baik melalui kerjasama antara universitas dengan mitra,” ungkapnya.

 

Beberapa jenis kegiatan yang dilaksanakan termasuk, Pelatihan dan Budidaya tambak udang intensif dan Standar CBIB, Pelatihan dan Budidaya Ikan Kakap Putih, Pelatihan dan Budidaya Maggot BSF, pembuatan Aplikasi Monitoring Kualitas Air dengan menggunakan IoT, Pelatihan Pengolahan Produk Olahan Udang dan Ikan, Pelatihan dan Pembuatan pakan udang dan Ikan, Pelatihan Pemasaran dengan Menggunakan Digital Marketing, Pelatihan Starup dan Penanaman Tanaman Mangrove.