Sorowako – Padoe, merupakan salah satu suku yang terletak di Sorowako, Kabupaten Luwu Timur. Karena letaknya yang tak jauh dari perusahaan nikel terbesar di Sulawesi Selatan ini, menjadikan wilayah tersebut sebagai binaannya.

PT Vale Indonesia Tbk, adalah perusahaan tambang nikel yang peduli terhadap masyarakat di wilayah ini. Terlebih kepada masyarakat yang tidak dapat bekerja langsung di pabriknya itu.

Tak heran jika masyarakat disekitar merasa sangat terbantu akan hadirnya perusahaan raksasa pengolah biji nikel ini

Terlebih lagi kepada kaum wanita yang ada disini. Setelah berbincang- bincang, para wanita ini menceritakan kisahnya yang telah menuai hasil dari pendampingan Vale.

Sebagai seorang wanita, di wilayah ini mereka tidak hanya menjadi seorang ibu jika telah berkeluarga yang pekerjaannya hanya di rumah saja seperti, menyediakan makanan untuk keluarganya, mengurus anak-anak, dan pekerjaan lainnya.

Wanita – wanita yang ada di sekitar area pertambangan PT Vale Indonesia Tbk ini berbeda.

Rutinitas dan peran wanita disini setara apa yang dilakukan kaum adam dalam hal pertanian.

Bahkan, sebagian besar wanita yang tergabung dalam kelompok tani ini menghasilkan pundi-pundi yang mampu menopang hidup keluarga.

Wanita Penghasil Olahan Tanaman Obat

Haritje, wanita lansia yang berusia 68 tahun ini menuturkan adanya perbedaan yang dirasakannya setelah mendapatkan pendampingan pertanian dari perusahaan tambang nikel pemerhati masyarakat.
PT Vale kata Haritje, menempatkan pendamping pertanian di daerahnya yang tidak hanya membantu pada proses penanaman saja.

Haritje, lansia pengolah tanaman jahe dan rosella menjadi serbuk minuman siap saji binaan PT Vale di Padoe.

“Kami disini diajari mulai dari memilih bibit yang baik, mengolah tanah, pemberian pupuk, menanam, panen yang baik hingga pemasaran produk olahan hasil pertanian sendiri,” ujarnya.