Rakyat.news, Makassar– Dalam Rangka memperingati Hari ibu, Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Selatan Menggelar Festival Baduta dengan mengangkat tema Cegah Stunting Pada Anak Dalam Mewujudkan Generasi Berkualitas.

Kegiatan yang berlangsung, Jumat 23 Desember 2022 di Hotel Khass Makassar dibuka langsung oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Selatan Andi Ritamariani secara daring. Dalam sambutan pembukaannya beliau menyampaikan kepada peserta kegiatan yang terdiri dari 150 orang ibu/keluarga yang memiliki Bayi usia 0-2 tahun mengenai betapa pentingnya peran seorang ibu dalam pertumbuhan dan  perkembangan anak, serta pentingnya memperthatikan 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) selama masa kehamilan hingga bayi berusia dua tahun.

“kita sebagai seorang ibu mengemban amanah yang sangat besar dari Allah SWT, dititipi dalam rahim kita generasi penerus bangsa, yang harus kita jaga pertumbuhan dan perkembangannya mulai dari masa kehamilan hingga usia 2 tahun, iktulah yang disebut 1000 Hari Pertama Kehidupan, melalui konsumsi makanan yang bergizi seimbang  dan menerapkan pola asuh yang tepat,” tambah Andi Rita.

Kegiatan yang dihadiri oleh tiga anggota komisi IX DPR RI sebagai Mitra Kerja BKKBN yaitu Aliyah Mustika Ilham yang berkesempatan hadir langsung, Hasnah Syam, dan Haruna yang menghadiri secara Daring melalui Zoom Meeting. Dalam diaglognya beliau memberikan arahan dan penguatan sebagai Pemangku Kebijakan dalam Upaya Pencegahan Stunting melalui 1000 HPK dalam masyarakat.

Menghadirkan dua narasumber handal, Eva Maizara Puspita Dewi, Psikolog yang merupakan Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar dengan materi yang menyesuaikan dengan tema kegiatan yakni Cegah Stunting pada Anak Dalam mewujudkan Generasi Berkualitas dan Founder LactaLover komunitas pencinta ASI Andi Rina Ariana  dengan materi Memaksimalkan Pemberian ASI selama enam Bulan Awal Kehidupan Sebagai Upaya Pencegahan Stunting.