Fasilitas ini dimaksudkan agar UMKM bisa meningkatkan kualitas dan terus berkembang.

 

 

Rakyat.news, Makassar – Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Sulawesi Selatan memfasilitasi sertifikat gratis kepada 1.450 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sepanjang tahun 2022. Fasilitas ini dimaksudkan agar UMKM bisa meningkatkan kualitas dan terus berkembang.

“Adapun rinciannya berupa fasilitasi sertifikat halal untuk 1.000 UMKM, fasilitasi sertifikat merek untuk 300 UMKM dan Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-PIRT) bagi 150 UMKM,” kata Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman dalam siaran pers yang diterima, Sabtu, 14 Januari 2023.


Baca juga: Pemprov Sulsel Raih Terbaik Pertama Nasional Penghargaan Kemenaker


Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sulsel Ashari F. Radjamilo mengklaim, UMKM di Sulsel saat ini mengalami peningkatan signifikan hingga 1,5 juta unit usaha. Itu berdasarkan data dari Dinas Koperasi dan UMKM Sulsel. Sejumlah unit usaha di antaranya bahkan mulai berorientasi mendukung kinerja ekspor menjadi penopang pertumbuhan ekonomi.

“Dengan fasilitasi sertifikasi bagi UMKM ini, untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produk UMKM. Sehingga dapat berdampak pada perekonomian masyarakat,” jelasnya Ashari.

Selain memberikan fasilitasi sertifikasi gratis bagi UMKM, Pemprov melalui Dinas Perindustrian Sulsel juga memberikan fasilitasi bagi 635 Industri Kecil Menengah (IKM). Diantaranya 585 IKM mendapatkan fasilitasi sertifikat halal, dan 50 IKM mendapatkan fasilitasi sertifikat HKI (paten merk).