Pihak rumah sakit mengklarifikasi bahwa bukan tujuh pasien yang kabur. Tapi hanya dua. Sedangkan lima orang lainnya menyempatkan diri untuk bertemu dengan keluarganya. Kelimanya kembali ke rumah sakit di hari yang sama.

 

Rakyat.news, Makassar – Tujuh pasien jiwa di Rumah Sakit Khusus Daerah Dadi, Kota Makassar, dikabarkan sempat kabur. Informasi kaburnya pasien terjadi pada Jumat, 13 Januari 2023, telah dibenarkan pihak rumah sakit.

“Ada dua pasien yang lari melalui ventilasi dan limanya lagi hanya pulang kemudian kembali ke rumah sakit pada saat itu juga,” kata kata Direktur RSKD Dadi Makassar, dokter Arman Bausat kepada Rakyat.news, saat dikonfirmasi Senin, 16 Januari 2023.

Arman menerangkan, dua pasien sempat menjebol ventilasi kamar mandi sebelum akhirnya kabur. Namun kondisi kejiwaan keduanya sudah dinyatakan membaik dan sebenarnya tinggal menunggu waktu untuk pulang.

“Untuk pasien yang lari dengan cara membobol tersebut, ada yang kini sudah bekerja (AP) karena secara kondisi sudah layak untuk balik. Namun tidak ada tanda-tanda dari pasien satunya lagi (MI),” jelas Arman.

Pihak rumah sakit mendapat informasi bahwa setelah kabur, keduanya pulang ke kampung halaman di Kabupaten Bone. AP bahkan sempat bekerja sebagai buruh. Sementara MI dipulang kembali ke rumah sakit oleh keluarganya, Minggu, 15 Januari 2023.

Sebelum dipulangkan kata Arman, pihaknya bahkan sudah hampir membuat laporan polisi ke Polsek Mamajang. Kepala Bidang Keperawatan RSKD Dadi Abdul Malik menambahkan, lima pasien lain sebenarnya tidak kabur.

Mereka sempat beraktivitas di taman rumah sakit sebelum memanfaatkan waktu untuk pulang ke rumahnya, di hari yang sama saat dua pasien kabur. “W, R, R, A, R tidak lari karena hanya menyempatkan waktunya untuk bertemu keluarga di rumah,” ujar Malik.