MAKASSAR – Sosialisasi Program Pencegahan Perundungan SMA Islam Athirah 1 Makassar bertajuk “Bersama Agen Perubahan Kita Terapkan Disiplin Positif” digelar di Auditorium Lantai 3 SMA Islam Athirah 1 Makassar, Kamis, (23/9/2021).

Baca Juga : Sekolah Binaan Islam Athirah Resmi Dibuka

Dihadiri oleh 30 orang siswa sebagai kader agent of change (agen perubahan) pilihan UNICEF, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah II, Kepala Sekolah beserta Wakil Direktur SMA Islam Athirah 1 Makassar, Ketua Komite Athirah se-Kajaolalido, Staff pengajar dan panitia pelaksana.

Ketua Panitia Pelaksana, BJ Gunawan menyampaikan laporan, program akan berlangsung hingga Desember 2021 dengan harapan peserta didik terpilih tetap semangat dan mampu memberikan perubahan yang nyata.

“Kegiatan sosialisasi ini berlangsung mulai September dan berakhir pada Desember 2021. Kami berharap, peserta didik yang telah terpilih sebagai kader Agent Of Change (Agen Perubahan) tetap semangat dan mampu memberikan bukti perubahan yang nyata dalam diri peserta didik lain SMA Islam Athirah 1 Makassar,” ucapnya.

Kepala Sekolah SMA Islam Athirah 1 Makassar, Tawakkal Kahar menjelaskan, program pencegahan perundungan terlebih dahulu dilaksanakan oleh sekolah-sekolah penggerak.

“Program saat ini lebih difokuskan kepada sekolah penggerak karena potensi pengembangannya lebih tinggi dibanding sekolah umum lainnya. Banyak tes yang harus dilalui dalam mencapai hal tersebut, kepala sekolah dites, wawancara, dan harus lulus. Tujuannya agar sekolah yang terpilih mampu menjadi fasilitator untuk sekolah lainnya,” jelasnya.

Ia berharap kegiatan ini dapat mencegah timbulnya kasus perundungan, sebab kesehatan mental dan psikis anak dapat terganggu karena hal tersebut.

“Kami dari pihak sekolah tidak pernah menginginkan terjadi kasus perundungan, karena jika itu terjadi, bisa memberikan dampak yang buruk terhadap mental dan psikis peserta didik. Tak jarang pula, mereka akan ketakutan untuk datang ke sekolah. Untuk itu, kami berharap fasilitator mampu memberikan komitmen kepada seluruh agen perubahan terkait langkah apa yang akan mereka lakukan,” lanjutnya.