Terbanyak Ketiga Penderita Kangker Kulit, Pemprov Gratiskan Sebulan Pemeriksaan Dini

 

RAKYAT. NEWS, Makassar – Setelah duduk di posisi ketiga terbanyak penderita kangker kulit di Indonesia, Pemprov Sulsel pun tidak tinggal diam. Langsung gelar pemeriksaan dini secara gratis selama sebulan melalui Unit Pelayanan Kesehatan Kulit, Kelamin dan Kosmetik (UPK4) Dinas Kesehatan Sulsel.

Pelayanan deteksi dini resiko kanker kulit pada pasien ini dilaksanakan di kantor UPK4 Dinkes Sulsel di Jalan Veteran Utara No. 91. Terhitung mulai16 Januari hingga 13 Februari 2023.

Dalam siaran pers Pemprov Sulsel yang diterima redaksi, Kamis, 19 Januari 2023, Gubernur Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, kebanyakan masyarakat tidak mengetahui jika benjolan atau tahi lalat yang berada di bagian tubuhnya bisa jadi adalah kanker atau tumor ganas. Sehingga perlu diidentifikasi lebih dini untuk dilakukan pencegahan dengan peralatan medis.

“Layanan ini gratis. Masyarakat silahkan datang sesuai jadwal yang ada. Untuk memeriksakan kulitnya, selanjutnya diidentifikasi apakah ada potensi bahaya kanker atau tumor untuk selanjutnya jika ditemukan ditindaki secara medis,” kata Andi Sudirman Sulaiman.

Lebih lanjut dalam siaran pers ini menyampaikan, kegiatan pelayanan tersebut merupakan program Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan yang dicanangkan Gubernur Sulawesi Selatan dalam upaya menurunkan angka pasien kanker kulit.

Berdasarkan data dari UPK4 Dinas Kesehatan Sulsel, catatan jumlah kunjungan pasien 22.000 pasien setiap tahun atau rata-rata 2.000 setiap bulan.

Adapun Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, Rosmini Pandin, menyebutkan program ini untuk lebih memperkenalkan ke masyarakat terkait layanan yang terdapat di UPK4 Dinkes Sulsel.

“Sekaligus tentunya untuk peningkatan pelayanan yang dilakukan,” sebutnya. (***)