Plankton terbagi menjadi beberapa jenis. Fytoplankton atau sejenis tumbuhan laut dan zooplankton sejenis hewan laut.

RAKYAT.NEWS, Selayar – Fenomena berubahnya air laut di pesisir pantai Benteng Utara, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, sempat heboh setelah beberapa dokumentasi video dan gambarnya beredar di media sosial. Peristiwa itu diketahui terjadi pada Rabu, 18 Januari 2023. Misteri berubahnya warna air ternyata bukan tanpa sebab.

Air laut yang sebelumnya bening menjadi hijau diduga disebabkan karena perairan di sekitar pantai didominasi oleh pertumbuhan alga hijau. “Alga hijau itu salah satu kelas dari plankton. Plankton itu organisme yang sifatnya mengapung di atas air,” kata dosen Kelautan Universitas Hasanuddin Makassar, Ahmad Bahar saat berbincang dengan Rakyat.news, Kamis, 19 Januari 2023.

Ahmad menyebut, plankton terbagi menjadi beberapa jenis. Fytoplankton atau sejenis tumbuhan laut dan zooplankton sejenis hewan laut. Fytoplankton biasanya hidup melayang di dalam air. Tumbuhan ini juga disebut punya peranan penting untuk menjaga ekosistem laut. Sama halnya dengan tumbuhan hijau lain yang ada di daratan.

“Kemungkinannya kan jadi sekarang ini cuaca kan berubah-berubah. Itu pito plangton atau alga aka nada banyak hiajau, merah, kuning, teragantung kandungan klorofilnya. Ini alga hijau makanya dia menyebabkan warna hijau. Yang sering terjadi itu (malah) yang alga merah red types istilahnya pasang merah,” jelas doktor Ilmu Kelautan ini.

 

Pemicu Alga Hijau dominasi Kawasan pesisir pantai

Dominasi alga hijau di sekitar pesisir pantai bukan tanpa sebab. Menurut Ahmada, salah satu pemicunya diduga karena kondisi perubahan suhu muka air laut. “Tapi dugaan kita itu pemicunya bisa disebabkan oleh perubahan suhu seperti sekarang habis panas tiba-tiba dingin atau sebaliknya,” sebutnya.