Perusahaan teknologi besar telah memberhentikan puluhan ribu karyawan dalam beberapa bulan terakhir.

PHK terjadi ketika sektor teknologi berjuang dengan kenaikan biaya pinjaman dan investor menghindar dari sektor ini.

Karyawan yang terkena dampak PHK di seluruh sektor teknologi memasuki pasar kerja yang tidak pasti dan pemotongan staf terjadi di semua tingkat pengalaman dan departemen.

Pekerja yang di-PHK akan menerima paket kompensasi dengan ukuran dan durasi tertentu, tergantung pada perusahaan tempat mereka bekerja.

Menurut CNBC, ini adalah jumlah PHK yang telah dijanjikan banyak raksasa teknologi kepada karyawan mereka.

1. Perusahaan Alfabet

Sundar Pichai, CEO Alphabet Inc, mengatakan Jumat (20 Januari 2023) bahwa perusahaan akan memberhentikan 12.000 pekerjaan di “area produk, fitur, level, dan wilayah.”

Karyawan AS yang diberhentikan dibayar untuk seluruh periode pemberitahuan (setidaknya 60 hari).

Selain itu, perusahaan menawarkan paket pesangon mulai dari gaji 16 minggu + 2 minggu per tahun, serta akumulasi GSU minimal 16 minggu + 6 bulan tunjangan medis.

2. Microsoft

Microsoft mengumumkan pada hari Rabu (18 Januari 2023) bahwa mereka akan memberhentikan 10.000 karyawan karena pertumbuhan pendapatan diperkirakan akan melambat tahun depan.

PHK diperkirakan akan berlanjut hingga akhir Maret, dan juru bicara Microsoft mengatakan tim penjualan dan pemasarannya telah melihat lebih banyak pemotongan staf daripada tim teknik mereka.

Dalam sebuah memo kepada karyawan, CEO Microsoft Satya Nadella mengatakan karyawan AS yang memenuhi syarat akan menerima uang pesangon dan asuransi kesehatan enam bulan dan dapat terus mengalokasikan kepemilikan saham perusahaan dalam periode pemberitahuan 60 hari.

Sebagai hasil dari upaya restrukturisasi dan PHK, Microsoft akan kehilangan $ 1,2 miliar.