Mereka menjajakan banyak produk lokal hasil pertanian setempat. Salah satunya adalah benih cabe Rongkong.

 

 

RAKYAT.NEWS, Luwu Utara – Belum lama ini, Pemerintah Kota Palopo, Sulawesi Selatan menggelar festival pasar rakyat dan pentas seni. Kegiatan yang berlangsung di Lapangan Pancasila, Jumat, 20 Januari 2023, itu, menghadirkan banyak pelaku UMKM.

Mereka menjajakan banyak produk lokal hasil pertanian setempat. Salah satunya adalah benih cabe Rongkong. Salah satu pengunjung asal kota Palopo, Fatmawati, mengatakan, produk yang dipamerkan Luwu Utara sangat menarik.

“Selama lima hari diadakannya pasar rakyat ini, saya sudah membeli makaroni, bagea, madu, dan pastinya benih cabe Rongkong ini, “ kata Fatmawati, di sela-sela acara penutupan Pasar Rakyat dan Pentas Seni, dalam keterangan tertulis yang diterima dari Pemkab Lutra, Senin, 23 Januari 2023.

Hingga hari terakhir benih cabe Rongkong, rupanya menjadi primadona. Luwu Utara sendiri memamerkan beberapa produk unggulan dari beberapa UMKM, yaitu benih cabe Rongkong yang sudah habis terjual. Bukan cuma itu, beberapa produk yang juga diminati pengunjung adalah makaroni, bagea, kacang mente, dan kopi rakyat Rongkong.

Sementara itu, Pasar Rakyat dan Pentas Seni dalam rangka memperingati Hari Jadi Ke-755 Tana Luwu (HJL) dan Peringatan Ke-77 Hari Perlawanan Rakyat Luwu (HJRL) ini resmi ditutup Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Palopo, Firmanza DP, Jumat malam.

Kegiatan ini dilaksanakan selama lima hari, sejak 16 – 20 Januari 2023, yang semuanya terpusat di Lapangan Pancasila, salah satu icon kota berjuluk Idaman ini. “Alhamdulillah, antusiasme masyarakat sangat tinggi terhadap pelaksanaan kegatan ini, tetapi dengan berat hati, kita akan mengakhirinya pada malam ini,” kata Firmanza, yang juga Ketua Umum Panitia Pasar Rakyat dan Pentas Seni Budaya.