RAKYAT.NEWS, Makassar – Mungkin belum banyak yang mengenal secara detil apa itu PT Pelindo Jasa Maritim pasca integrasi PT Pelabuhan Indonesia (Persero).

Berikut penjelasannya seperti dikemukakan Sekretaris Perusahaan PT Pelindo Jasa Maritim, Tubagus Patrick dalam releasenya yang diterima redaksi, Rabu, 25 Januari 2023.

PT Pelindo Jasa Maritim adalah Subholding Pelindo Jasa Maritim (SPJM) yang merupakan salah satu dari 4 subholding pasca integrasi PT Pelabuhan Indonesia (Persero), 1 Oktober 2021 lalu.

Tubagus menjelaskan, PT Pelindo Jasa Maritim memiliki bisnis dan pengalaman di bidang jasa layanan marine (Marine), peralatan pelabuhan (Equipments) dan jasa kepelabuhanan (port utilites), disingkat MEPS.

“Jadi ada tiga jenis layanan yakni layanan marine berupa pemanduan dan penundaan kapal, penyediaan air serta pengelolaan sampah. Kemudian layanan peralatan berupa penyediaan peralatan pelabuhan, pemeliharaan (maintenance) dan kerja sama peralatan. Terakhir adalah layanan utilitas berupa pemeliharaan alur pelayaran, pengerukan, dan penyediaan sumber energi listrik bagi kapal yang bersandar dan fasilitas di pelabuhan,” urai Tubagus.

Adapun wilayah operasional Pelindo Jasa Maritim (PJM) ini, lanjutnya, mencakup seluruh nusantara yang terbentang dari Malahayati hingga Merauke. “SPJM juga terbuka untuk kerja sama dan dukungan layanan baik untuk domestik maupun luar negeri,” ujarnya.

Ditambahkan, SPJM mengelola 6 anak perusahaan yaitu PT Jasa Armada Indonesia Tbk., PT Pelindo Marine Service, PT Equiport Inti Indonesia, PT Jasa Peralatan Pelabuhan, PT Energi Pelabuhan Indonesia, dan PT Pengerukan Indonesia.

Selain itu juga mengoperasikan 2 cabang, yaitu Cabang Batam, dan Sentral Business Unit Pelayanan Kapal (SBU Pelkap), serta 3 cucu perusahaan yaitu PT Alur Pelayaran Barat Surabaya, PT Berkah Multi Cargo, dan PT Pelindo Energi Logistik.