RAKYAT.NEWS, Luwu Utara – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Luwu Utara, Provinsi Sulawesi Selatan melantik 519 anggota panitia pemungutan suara (PPS) terpilih untuk Pemilu 2024 yang dinyatakan lulus seleksi.

Pelantikan dilaksanakan di halaman KPU Kabupaten Luwu Utara, Jalan Simpurusiang, Kelurahan Bone Tua, Kecamatan Masamba. Selasa, 24 Januari 2023.

Ketua KPU Luwu Utara, Syamsul Bahri mengatakan mereka yang dilantik ini sebelumnya dinyatakan lulus seleksi administrasi, seleksi tertulis dan wawancara.

Anggota PPS yang dinyatakan lulus seleksi ini telah diumumkan ke publik di wilayah masing-masing, di mana peringkat 1,2 dan 3 ditetapkan sebagai anggota PPS terpilih sedangkan peringkat 4,5 dan 6 sebagai calon pengganti antar waktu.

“Nantinya akan bertugas mensukseskan pemilu tingkat desa/kelurahan di 166 desa dan 7 kelurahan dalam 15 kecamatan di Kabupaten Luwu Utara, atau setiap desa/kelurahan berjumlah tiga orang,” kata Syamsul Bahri dalam keterangan tertulis yang diterima, Rabu, 25 Januari 2023.

Dia menjelaskan anggota PPS ini setelah dilantik selanjutnya akan langsung bekerja menjalankan tugasnya di lapangan antara lain melakukan verifikasi bakal calon anggota DPD RI, kemudian pemutakhiran data pemilihan dan lainnya.

“Anggota PPS yang terpilih ini nantinya bisa menjalankan tugasnya dengan baik serta menjaga integritas sebagai anggota PPS serta menjaga muruah sebagai penyelenggara pemilu yang independen. Pelantikan anggota PPS di wilayah Kecamatan Seko dan Rampi dilaksanakan pula dini hari di kecamatan masing-masing,” ujar Syamsul.