RAKYATDOTNEWS, MAKASSAR – Dalam menjembatani interaksi kebudayaan antarsesama anak bangsa di Indonesia, pemerintah pusat menggagas program pembangunan Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN).

Pemerintah pusat menjadikan Jakarta, Surabaya, Malang, Bantul, Minahasa dan Kota Makassar sebagai enam titik strategis pembangunan AMN.

Pengamat Politik Kebangsaan, Arqam Azikin menyampaikan, hamparan yang cukup luas dibelakang Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Selatan sebagai lokasi strategis rancangan pembangunan AMN pada program nasional pemerintah pusat sejak tahun lalu, Makassar, Rabu(28/07/2021).

“Makassar menjadi bagian dari strategis itu karena tanah Makassar atau di Sulawesi Selatan ini adek-adek kita yang berkuliah di seluruh Indonesia itu ada disini,” katanya.

Arqam mengatakan, program pembangunan AMN pernah direncanakan dekat kampus Universitas Negeri Makassar (UNM).

“Saya pertama kali mendengarnya waktu direncanakan disekitar jalan Daeng Tata, dekat dari kampus UNM,” bebernya.

Lanjutnya, kemudian pergeserannya titik perencanaan hingga dibelakang kantor dinas pendidikan dan kebudayaan yang merupakan lokasi strategis yang sekitarnya terdapat banyak kampus.

Ia mengucapkan, belum adanya kejelasan pelaksanaan pembangunan AMN di Kota Makassar.

“Hingga saat ini belum ada titik terang dari pemerintah pada program ini,” ucapnya.

Tutur Arqam, perlunya perhatian dari Plt Gubernur Sulsel dalam penyatuan visi anak bangsa secara Nasional.

“Hal ini perlu perhatian dari plt Gubernur Sulawesi Selatan agar program AMN dipercepat sehingga pemerintah pusat dapat membangunnya,” tuturnya.

Arqam berharap agar Sulawesi Selatan jangan sampai tertinggal dalam hal pembangunan asrama tersebut, karena sejak tahun 2020 program AMN sudah ada. (yus)