DPRD Makassar

PMI Makassar Bersama FSP Gelar Jumat Bersih dan Tanam Bibit Pohon di 2 Pulau

  • Bagikan
PMI Makassar dan FPS Gelar Bersih - Bersih dan Tanam Bibit Pohon di 2 Pulau
Ketua PMI Kota Makassar melaukan penanaman bibit pohon di pesisir pulau Lae-lae

Makassar – Palang Merah Indonesia (PMI) Makassar dan Forum Peduli Sosial (FPS) menggelar kegiatan yang bersifat peduli lingkungan berupa bersih-bersih pesisir pantai serta penanaman bibit pohon di dua pulau bersama puluhan lembaga dan komunitas yang ada di Makassar, jum’at (24/9/2021).

Baca Juga: Jumat Berkah, ASTON Makassar Gelar Corporate Social Responsibility

Kegiatan tersebut berupa bersih-bersih pesisir pantai serta penanaman bibit pohon di 2 pulau yang berada di sekitar kota Makassar, antara lain pulau gusung dan pulau Lae-Lae.

Aksi peduli lingkungan tersebut dihadiri dari 38 komunitas serta beberapa mitra yang ikut andil dalam menyukseskan kegiatan itu.

Turut pula hadiri dalam kegiatan peduli lingkungan tersebut seperti Ketua PMI kota Makassar, H. Syamsu Rizal, serta Politikus Jamaludin Jafar dan Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof. Dr. Ir. H. Husain Syam.

Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Makassar, H. Syamsu Rizal alias Deng Ical, mengatakan bahwa kegiatan sosial lingkungan yang berupa bersih-bersih dan penanaman bibit pohon di 2 pulau ini diserangkaikan dengan ulang tahun Forum Peduli Sosial (FPS) dan Palang Merah Indonesia (PMI).

“Kegiatan sosial lingkungan sebelumnya ini telah lama berjalan, namun kali ini bersamaan dengan ulang tahun Forum Peduli Sosial (FPS) yang ke-3 dan PMI yang ke-76 kita berinisiatif membuat kegiatan bareng yang kolaboratif berupa penanaman bibit pohon, diserangkaikan dengan jumat bersih,” kata Daeng Ical.

Lanjut Deng Ical, menjelaskan bahwa kegiatan ini saling berkait dari program kemanusian dan peduli lingkungan yang telah ada sebelumnya.

“Kegitan ini saling berkait, Mulai pekan depan juga kita sirkum, Sebelumnya kita sudah tanam pohon di bawakaraeng 12 ribu, sebelumnya juga ada pulau langkae kita juga bersih-bersih, jadi targetnya yang dekat sekitar sini saja,” ungkapnya.

Daeng Ical menambahkan bahwa kegiatan peduli lingkungan tersebut juga melibatkan pihak aparat TNI dan Polri, serta dari berbagai mitra yang melakukan kerjasama.

“Kita juga melibatkan TNI, polri, pegadaian, dan beberapa mitra kita seperti kampung popsa dan lain-lain,” ujar Daeng Ical.

PMI Makassar dan FPS Gelar Bersih - Bersih dan Tanam Bibit Pohon di 2 Pulau
Daeng Ical melakukan pembersihan dan penyaringan pasir pesisir pantai di pulau Lae-lae

Tidak hanya bersih-bersih, dalam kegiatan tersebut pula dilakukan penanaman bibit di pesisir pantai agar pantai yang menjadi objek wisata dapat sedikit lebih sejuk bagi wisatawan maupun warga sekitar.

Daeng Ical menjelaskan bahwa dalam kegiatan penanaman pohon tersebut terdiri dari 5 jenis bibit tanaman yang berbeda.

“Jenis-jenis bibitnya kelapa, kelor, ketapang kencana, mahoni dan lain-lain,” jelasnya.

Terkahir, Daeng Ical berharap kegiatan ini dapat menginspirasi setiap orang agar kedepannya untuk memiliki kesadaran akan kebersihan pesisir pantai.

“Harapannya dari kegiatan ini yaitu dapat menginspirasi setiap orang untuk menjaga kebersihan pesisir pantai, dengan melakukan pengayakan pasir agar pantai jadi lebih bersih dan steril sehingga pantai nyaman digunakan,” imbuhnya.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri antara lain yaitu Makassaar Kelompok Penyanyi Jalanan (KPJ), Sar Unhas, Sintalaras UNM, Unilever, Kec. Ujung Pandang, Lantamal 6 Makassar, Pegadaian, Kampung Popsa, Max Bro dan masih banyak lembaga atau komunitas lainnya.

  • Bagikan

Makassar Recover

Makassar Recover