MAKASSAR – FSP (Forum Sulsel Peduli)  menggagas sebuah program bertajuk Bersama Jumat Bersih (BJB) yang berkolaborasi dengan berbagai lembaga di Kota Makassar, mematok tiga titik lokasi, yaitu Popsa, Pantai Gusung, dan Pulau Lae-Lae, Jumat (24/09/2021).

Dalam program ini ada dua kegiatan yang dilakukan, yaitu pembersihan pesisir pantai dan penanaman bibit pohon.

Ketua Panitia, Muh.Idris mengatakan, Program BJB merupakan rangkaian dari hari jadi FSP.

“Program ini merupakan rangkaian dari hari jadi Forum Sulsel Peduli, sehingga kami menggagas kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian lembaga kami yang sudah lama berkecimpung dalam kegiatan sosial kemanusiaan,” ucapnya.

Sejalan dengan itu, Ketua umum FSP, Syamsu Rizal Deng Ical mengatakan, program BJB terbuka untuk umum, siapapun berhak untuk mengklaim program tersebut.

“Program ini memang kami buka secara umum, kita kolaboratif mengajak berbagai komponen untuk berpartisipasi dalam kegiatan konservasi lingkungan. Siapapun berhak mengklaim program ini,” katanya.

 

Hal ini terbukti dari banyaknya peserta yang turut meramaikan program tersebut.

Di antaranya perorangan, komunitas, organisasi masyarakat, perusahaan, pemerintah kota, TNI, Polri, dan Media Partner.

Harapannya, kegiatan ini dapat menumbuhkan rasa peduli terhadap lingkungan dalam diri setiap orang.

“Harapan kami, semoga dengan kegiatan ini, jiwa peduli lingkungan dalam diri setiap orang dapat tumbuh, sehingga ke depannya lingkungan akan semakin terjaga atas kehadiran para pemerhati lingkungan,” tutupnya.