Makassar – Pandemi covid-19 memberikan dampak pada kemerosotan ekonomi, hal ini juga sangat dirasakan oleh pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Banyak pelaku UMKM  dari berbagai sektor usaha yang mengalami penurunan pendapatan secara drastis selama lebih 1 tahun belakangan ini, tidak terkecuali dengan pelaku UMKM di Kabupaten Pinrang.

Dalam rangka turut berpartisipasi mendorong pemulihan ekonomi khususnya kepada pelaku UMKM, berlokasi di Pantai Wisata Ammani, BNI Kantor Wilayah 07 Makassar melalui BNI Pinrang melakukan penyerahan Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada beberapa pelaku usaha UMKM  dari komunitas warung makan ikan laut segar.

Pada kegiatan tersebut juga dilakukan penyerahan barcode Quick Response Code Indonesian Standar (QRIS) untuk memudahkan transaksi  kepada lebih dari 40 kios/warung makan dan juga dirangkai dengan penyerahan sertifikat BNI Agen46.

Kegiatan ini dilakukan dengan tetap mematuhi protokol covid-19 yang dihadiri oleh perwakilan  Pemerintah Daerah Kabupaten Pinrang,  Kepala Desa Ammani  Bapak Amor Paturusi dan  Pemimpin BNI cabang Parepare Bapak Aries Muharram, Pemimpin BNI Kantor Cabang Pembantu  Pinrang Bapak Imran Thamrin, beberapa perwakilan pegawai BNI Cabang Parepare serta pengunjung Wisata Pantai Ammani. Sabtu, 25 September 2021.

“Penyerahan KUR kepada pelaku UMKM diharapkan bisa membantu meningkatkan kembali  pendapatan masyarakat  seiring mulai menurunnya penyebaran virus covid-19, tutur Aries Muharram

“Pelaku UMKM juga turut diperkenalkan dengan teknologi pembayaran cashless dan berbasis digital QRIS dalam rangka menciptakan cashless society dan mendukung Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) yang dicanangkan oleh Bank Indonesia, sambung Aries Muharram.”

Saat ini masyarakat semakin mudah mengakses layanan BNI,  dengan kehadiran BNI Agen46 dilingkungan masyarakat dengan tagline “Melayani Paling Dekat”, tutup Aries Muharram.

Kepala Bagian Ekonomi Pemerintah Kabupaten Pinrang, Zulkifli S. Stp dalam sambutanya mengungkapkan, BNI sebagai salah satu lembaga keuangan bergerak cepat khususnya di Pantai Ammani Pinrang untuk edukasi Pembayaran non Tunai.

Sementara itu Kepala Desa Ammani Amor Paturusi yang juga sebagai pelopor terbentuknya kawasan wisata pantai Ammani berterima kasih kepada BNI yang telah bersedia menyalurkan kredit KUR kepada pelaku usaha di Ammani dan berharap BNI dapat terus bermitra dan mengawal untuk menjadikan kawasan wisata pantai ammani sebagai kawasan wisata yang bertaraf internasional seperti kawasan wisata pantai di Bali.(**)