MAKASSAR – PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) sebagai pemilik proyek mulai melakukan “Sosialisasi Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan Akses Jalan Tol Makassar New Port di Kota Makassar” bersama Dinas Pertanahan Kota Makassar dan Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan kepada warga di dua kelurahan yang akan terkena dampak pembangunan tersebut.

Baca Juga : PLN Serahkan Bantuan Transplantasi Terumbu Karang di Pulau Samalona

Senior Manager Fasilitas Pelabuhan PT Pelindo IV, Arwin, mengatakan jalan tol menuju Makassar New Port (MNP) ini merupakan rencana strategis pembangunan pemerintah pusat yang akan dilaksanakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), sedangkan untuk pembebasan lahan dilaksanakan oleh Pelindo IV.

Dia menuturkan, jalan tol dengan panjang sekitar 2 km ini merupakan perpanjangan eksisting menuju MNP. Pihaknya membutuhkan biaya kurang lebih Rp50-60 miliar untuk sekitar 1 km lahan yang akan dibebaskan untuk pembangunan tersebut.

Sementara anggaran untuk pembangunan akses tol itu sendiri berada di Kementerian PUPR sebagai pihak yang akan membangun akses jalan tol itu.

“Ditargetkan pembangunannya dimulai tahun ini. Tinggal menunggu pembebasan lahan, langsung dibangun,” ujar Arwin melalui keterangan tertulis, Sabtu (24/09/2021).

Sementara itu, Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan “Danny” Pomanto saat membuka sosialisasi mengatakan, pembangunan akses jalan tol akan sangat bermanfaat terhadap posisi Makassar sebagai pintu gerbang di Kawasan Timur Indonesia (KTI).

Menurut dia, jika akses itu sudah selesai, maka koneksi jalan tol akan lebih lancar dan tentunya sesuai dengan perencanaan awal, ditambah dengan jalur kereta api. “Insya Allah ini menjadi bagian yang sangat penting bagi posisi Kota Makassar,” ucap Danny.

Pembangunan akses jalan tol Makassar New Port kini memasuki tahap persiapan. Sosialisasi di Kelurahan Buloa dan Kaluku Bodoa, Kecamatan Tallo dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sulsel dan Forkopimda Kota Makassar serta seluruh warga dan tokoh masyarakat di dua tempat yang berlangsung di Hotel Horison Ultima Makassar, Jumat (24/09).