TEKNO – Teknologi tentunya terus berkembang seiring zaman. Kehadiran COVID-19 juga telah berhasil mempengaruhi transformasi digital. Berikut 5 Tren Teknologi Tahun 2021 yang wajib Kamu Ketahui.

Baca juga: PPnBM 0% Kembali Lagi, Kalla Toyota Beri Promo Spesial Customer Gathering Online ke-65

1. Jaringan 5G

Beberapa tahun yang lalu , sudah sering terdengar perkembangan jaringan ponsel terbaru, yaitu 5G. Ada banyak keunggulan jaringan 5G, salah satunya jaringan dapat terhubung dengan peralatan rumah tangga, telepon, dan mobil serta memiliki kecepatan jaringan 5G yang bisa mencapai 800 Gbps per detik sehingga kamu bisa download 30 film dengan kualitas HD (high definition) dalam hitungan detik.

2. Hybrid Cloud Makin Diminati

Hybrid cloud merupakan gabungan dari public cloud dan private cloud. Hybrid cloud dapat mengelola private cloud dan public cloud dengan menggunakan tools dalam lingkungan cloud berbeda. Pada tahun 2020, telah banyak perusahaan besar, seperti AWS, Google, dan IBM berinvestasi pada sistem hybrid cloud.Tahun yang akan mendatang, hybrid cloud dijadikan strategi oleh banyak organisasi atau perusahaan, terutama dalam pengembangan operasional perusahaan yang kini dituntut untuk bergerak secara digital.

3. Cyber Security

Pandemi COVID-19 yang membuat Banyaknya data yang terkumpul dalam dunia digital membuat para hacker tertarik melakukan peretasan. Laporan serangan siber di tengah pandemi meningkat dan berdampak besar, bagi individu, organisasi, maupun perusahaan. Kebijakan bekerja dari rumah membuat perusahaan semakin meningkatkan keamanan data perusahaan maupun karyawannya. Oleh karena itu, pada tahun 2021, cyber security akan lebih banyak diminati.

 

4. Artificial Intelligence (AI)

Hal yang kini banyak digunakan oleh perusahaan adalah Al yang akan terus berkembang di tahun yang akan datang. Teknologi tersebut dapat membantu organisasi atau perusahaan menyelesaikan masalah dalam skala lebih besar. Misalnya, penggunaan teknologi AI yang diprediksi akan mengalami babak baru, terlebih dalam perencanaan rantai pasokan dan menjadi teknologi tren tahun 2021.