MAKASSAR – Pabrik Kelapa Sawit (PKS) Luwu Perkuat Sinergitas Bersama Bupati Luwu Utara dan Petani Plasma

PKS Luwu melakukan pertemuan yang bersifat silaturahmi dengan Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani. Sebab mengingat beberapa wilayah PKS Luwu masuk wilayah Kabupaten Luwu Utara, yakni afdeling Mappadeceng, Kasimbong dan Kappuna. Afdeling ini dekat dengan Ibu Kota Kabupaten Luwu Utara, yakni kota Masamba.

Baca Juga: PKS Luwu Pabrik Kelapa Sawit Perdana Kelapa Sawit Replanting

Manajer PKS Luwu, Wardi Samad, mengatakan akan tetap memperkuat kerjasama bersama pemda setempat. Dia juga didampingi Aska baru PKS Luwu saat bertandang ke kantor Bupati Luwu Utara.

“Apalagi selain manajer baru, juga ada 3 aska baru di PKS Luwu. Tentu ini sebagai pejabat baru sudah seharusnya membangun harmonisasi dengan stakeholder diantaranya pemerintah setempat,” ujar Wardi Samad, Sabtu (25/9/2021).

Lebih lanjut, dia berharap melalui kolaborasi PKS Luwu dengan Pemda setempat akan lebih memacu perekonomian di wilayah tersebut.

“Sinergi dan kolaborasi akan lebih memacu pertumbuhan ekonomi di wilayah setempat. Mengingat PKS Luwu memiliki areal HGU sekitar 9000 hektar tersebar di 2 kabupaten yakni di Kabupaten Luwu Utara dan Kabupaten Luwu Timur, sementara areal tertanami baru sekitar 4000 an hektar,” jelasnya, Sabtu (25/9/2021).

Wardi Samad juga memaparkan penting membangun komunikasi. Dia mengatakan bahwa setiap level jabatan di bagian tanaman membangun komunikasi yang baik dengan pemerintah setempat di setiap afdeling, dimana ada 13 afdeling yang tersebar di wilayah beberapa desa dan kecamatan.

“Hal tersebut selain untuk menjaga hubungan harmonis dengan eksternal. Agar pengembangan areal dapat berjalan kondusif dalam koridor peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ujarnya.

Perlu diketahui, keberadaan tiap afdeling mengoptimalkan pemanfaatan tenaga kerja lokal dalam kegiatan pemeliharaan dan panen produksi TBS. Secara berkala akan dilakukan koordinasi melalui forum komunikasi di wilayah barat yang saat ini dipimpin Aska baru, Dicky. Sementara wilayah timur oleh, Hanung, serta sska plasma yang baru, Agus Salim.