MAKASSAR – Dalam rangka pemberdayaan masyarakat melalui Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) serta penguatan kerjasama kemitraan untuk meningkatkan efektivitas pengawasan obat dan makanan, BBPOM di Makassar bersama Anggota Komisi IX DPR RI Aliyah Mustika Ilham, laksanakan Sosialisasi Penggunaan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan, dan Kosmetik (OT SK Kos) yang Baik dan Aman.

Baca Juga: Aliyah Mustika Ilham Paparkan Tiga Pilar Pengawasan Obat dan Makanan

Sosialisasi digelar di Gedung Makarti Kantor Balai Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat Desa, daerah tertinggal dan transmigrasi, Makassar, Sabtu (25/09/2021), yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan awareness masyarakat Kota Makassar dalam memilih dan mengkonsumsi produk Obat, Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan, Kosmetik serta Pangan Olahan yang baik dan aman untuk dikonsumsi.

Aliyah Mustika Ilham dalam kesempatan tersebut menyampaikan harapan agar masyarakat setempat dapat lebih peduli dalam pemilihan produk yang dikonsumsi sehingga dapat meningkatkan pola hidup sehat di kalangan masyarakat.

Sosialisasi kali ini menghadirkan dua narasumber dari BBPOM PFM Madya, Erni Arnida MH, dan Drs Ahmad Yani APT, dan dihadiri langsung oleh Kepala Balai Besar POM di Makassar, Dra Hardaningsih, Apt, MHSM. Beliau menyampaikan bahwa DPR mendukung perkuatan BPOM untuk melindungi masyarakat dari Obat dan Makanan yang berisiko terhadap kesehatan. Selain itu beliau mengingatkan masyarakat agar selalu memeriksa produk yang akan dikonsumsi, seperti kedaluwarsa dan nomor izin edar dari BPOM. Beliau menambahkan bahwa untuk menjamin Obat dan Makanan yang beredar aman dan bermutu bukanlah tugas instansi pemerintahan saja, tetapi juga diharapkan peran aktif masyarakat.