MAKASSAR – Pasca kebakaran yang terjadi di Rumah Sakit Khusus Daerah Dadi, Jalan Lanto Dg Pasewang, Anggota Komisi IX DPR RI, Aliyah Mustika Ilham, segera melakukan peninjauan, memastikan kondisi pasien, dan melihat secara langsung kondisi bangunan yang baru saja terbakar.

Baca Juga: Aliyah Mustika Ilham Bersama BBPOM Gelar Sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat Melalui KIE

Direktur RS Khusus Daerah Dadi, dr Arman Bausat, Sp.B.O, menerima kehadiran ibu Aliyah Mustika Ilham, menjelaskan kondisi RS Dadi secara detail, dari kondisi pasca kebakaran, proses evakuasi bagi pasien, hingga kondisi terakhir pasien.

“Kami sangat berterima kasih, atas perhatian yang diberikan oleh ibu Aliyah, alhamdulillah kebakaran yang terjadi pagi tadi tidak menelan korban. Bangunan yang terbakar yakni ruangan meranti, yang dihuni oleh 6 pasien ODGJ (orang dalam gangguan jiwa) yang semuanya perempuan,”ujarnya.

Untuk evakuasi, RS Dadi memindahkan 33 pasien yang berada di gedung Kenanga. Hal ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, semisal adanya reruntukan bangunan yang dapat disebabkan pasca kebakaran.

“Meski yang terbakar hanya satu ruangan, namun evakuasi kita lakukan dalam satu gedung, menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” ujarnya.

Dalam kunjungan tersebut, ibu Aliyah Mustika Ilham pun menyempatkan berbincang dengan para pasien rumah sakit dadi. Kehadiran ibu Aliyah disambut dengan sangat bahagia oleh para pasien, mereka berbagi cerita tentang banyak hal, tentang hal yang mereka senangi, tentang kerinduan akan keluarga mereka, tentang mengapa mereka bisa berada di RS Dadi.