Makassar – Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi menghadiri kegiatan Coffee Morning yang digelar di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Gubernur Sulsel di Makassar, Senin (27/9/2021).

Baca Juga: Kanwilkumham dan Dinsos MoU Pembinaan Warga Lapas, Plt Gubernur: Harap Ada Sertifikasi 

Salah satu agenda dalam rapat tersebut yakni sosialisasi Program Kerja terkait Strategi Pemeriksaan Investigatif yang disampaikan langsung oleh Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sulawesi Selatan Paula H Simatupang.

Kepala BPK Sulsel, Paula H Simatupang, mengatakan bahwa program tersebut merupakan bagian dari gagasan BPK Perwakilan Sulsel mempermudah dan mempercepat pemeriksaan dari sebuah pengelolaan keuangan daerah.

“Itu bagian dari gagasan saya sebagai peserta diklatpim, propose-nya itu saya ajukan dalam rangka membuat satu terobosan ya mempermudah, mempercepat. Sehingga, teman-teman aparat penegak hukum dalam rangka menentukan kerugian negara bisa dilakukan percepatan-percepatan,” kata Paula.

Lanjut Paula, mengungkapkan bahwa program ini masih dalam tahap memulai, sehingga butuh aturan dan arahan dari pimpinan BPK ditingkat pusat untuk kemudian menerapkan program tersebut.

Sementara itu, Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, mengatakan bahwa dirinya berharap kehadiran BPK dalam Coffee Morning ini menjadi sinergitas antara Pemprov Sulsel dengan BPK, sehingga bisa memberikan arahan sekaligus melihat langsung prakondisi dan penilaian laporan tahunan anggaran Pemprov Sulsel.

Salah satunya, kata Plt Gubernur, Perwakilan BPK bisa memberikan arahan sekaligus melihat langsung prakondisi dan penilaian laporan tahunan anggaran Pemprov Sulsel.

“Kami ingin lebih dekat lagi. Ada tim-tim perwakilan (BPK) untuk melihat prakodinsi dari penilaian laporan tahunan keuangan kita agar tahun depan kinerja keuangan kita bisa lebih baik,” ungkap Andi Sudirman.

Andi Sudirman juga menegaskan, bahwa kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk lebih teliti dalam pengelolaan keuangan daerah dan tidak melakukan kesalahan yang sama.