JAKARTA – Empat BUMN Pelabuhan yaitu PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo I-IV) (Persero) berencana merger menjadi satu Pelindo semakin dekat dengan melakukan sosialisasi kepada berbagai perwakilan asosiasi dan instansi terkait pelabuhan pada Senin (27/9).  Visi PT Pelindo ke depan adalah “Menjadi Pemimpin Ekosistem Maritim Terintegrasi dan Berkelas Dunia”.

Baca Juga : Pelindo I-IV Gelar Sosialisasi Tentang Merger Pelindo Kepada Asosiasi dan Instansi

Seiring dengan penggabungan itu, visi Pelindo ke depan adalah “Menjadi Pemimpin Ekosistem Maritim Terintegrasi dan Berkelas Dunia”, dengan misi Pelindo adalah “Mewujudkan jaringan ekosistem maritim nasional melalui peningkatan konektivitas jaringan dan integrasi pelayanan guna mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Seluruh Direktur Utama Pelindo I-IV hadir dan memberi sambutan, yaitu, Dirut Pelindo I Prasetyo, Dirut Pelindo II Arif Suhartono, Dirut Pelindo III Boy Robyanto, dan Dirut Pelindo IV Prasetyadi.

Direktur Utama Pelindo 1, Prasetyo, mengatakan merger ini sebuah milestone perjalanan pelabuhan di indonesia dengan rencana strategis dari pemerintah selaku pemegang saham.

“Merger Pelindo I-IV merupakan milestone perjalanan pelabuhan di Indonesia dan juga rencana strategis dari pemerintah selaku pemegang saham untuk membuat layanan pelabuhan menjadi lebih baik. Sehingga rencana ini akan berperan besar dalam pengembangan kepelabuhan nasional untuk kita lebih bisa bersaing dengan kompetitor dari mancanegara,” ucap Prasetyo.

Direktur Utama Pelindo II, Arif Suhartono, menyatakan saat ini pengelolaan pelabuhan di Indonesia dilakukan oleh 4 entitas BUMN. Kapabilitas dari masing-masingnya bisa berbeda baik dari sisi finansial, sumber daya manusia, maupun pengalaman yang mana hal ini berdampak pada perbedaan output pelayanan yang diberikan.

Dalam proses merger ini, nantinya PT Pelindo II akan bertindak sebagai surviving entity atau perusahaan penerima penggabungan. Setelah merger, nama perusahaan hasil penggabungan menjadi PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo.