Kesehatan – Profesor kedokteran di Weill Medical College of Cornell University dan ahli kolesterol dan aterosklerosis, Antonio M Gotto Jr MD mengatakan bahwa apa pun penyebabnya, kolesterol tinggi menimbulkan banyak bahaya.

“Itu bisa dimulai sejak dini. Garis-garis lemak dapat muncul di arteri remaja. Otopsi pada pria berusia 20 tahunan sudah menunjukkan plak yang signifikan pada arteri koroner,” katanya, dikutip dari detikhealth (28/9/2021).

Baca Juga NIPAH Tawarkan Diskon Spesial Produk Kecantikan dan Kesehatan

Tingginya kolesterol bisa diakibatkan karena beberapa faktor, misalnya konsumsi banyak makanan dengan lemak jenuh dan kolesterol, kurang gerak fisik, berat badan berlebih serta dapat juga dipengaruhi faktor genetik.

Kolesterol mempunyai gejala yang mirip dengan banyak penyakit lain seperti pusing dan kaku pada leher. Hal ini tidak boleh disepelekan apalagi didiamkan, ini bisa berisiko ke masalah jantung.

Lantas bagaimana cara menanganinya selain konsultasi dan berobat ke dokter? Berikut bahan herbal yang bisa kita coba, dari berbagai sumber:

1. Teh hijau

Dikutip dari Medical News Today, sebuah studi pada 2015 menunjukkan teh hijau mengandung katekin dan senyawa antioksidan lainnya yang membantu menurunkan LDL jahat dan kolesterol total.

Teh hitam juga diyakini efektif menekan kadar kolesterol, tetapi dengan tingkat efektivitas lebih rendah dibanding varian teh hijau. Pasalnya, jumlah katekin yang berbeda dalam teh mempengaruhi kemampuan tubuh menyerap cairan

2. Susu kedelai

Lantaran susu kedelai rendah lemak jenuh, Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) merekomendasikan konsumsi 25 gram protein kedelai per hari sebagai bagian dari diet rendah lemak jenuh dan kolesterol. Cara ini boleh dicoba sebagai salah satu alternatif obat herbal kolesterol.